5 Rekomendasi Tes Bakat Buat Tahu Jalan Karir Kita

5 Rekomendasi Tes Bakat Buat Tahu Jalan Karir Kita

Buat yang punya hobi atau mata pelajaran favorit, memetakan potensi sama passion mungkin jadi hal yang mudah. Tapi, bagi sebagian orang, menyebutkan potensi sama passion yang mereka miliki nggak semudah itu. Nggak sedikit orang yang mikir, “Duh, aku nggak punya bakat!” dan “Aku nggak tahu passion-ku apa”. Kalau kita termasuk ke dalam golongan itu, tentu kita juga bakal bingung milih karir yang tepat buat kita. Kalo masih sekolah, kita bakal bingung nentuin jurusan kuliah apa yang paling cocok sama kita.

 

Salah satu cara yang bisa kita lakuin buat tahu potensi dan minat kita adalah dengan ikut tes bakat. Gogirl! merekomendasikan 5 tes bakat yang bisa kita ikutin buat tahu jalan karir di masa depan.

 

TES SIDIK JARI

Tes bakat lewat sidik jari ini disebut Dermatoglyphics Multiple Intteligence Assesment (DMI). Biaya pemakaian teknologi tes bakat ini nggak murah. Soalnya, tes ini dibuat khusus untuk mengetahui peta potensi bawaan kita dari lahir alias kecerdasan genetik. Tentu aja bakat yang bisa dilihat lewat tes ini adalah bakat dasar, alias sebelum diasah. Hasil yang bisa kita lihat dari tes ini adalah kecenderungan otak kiri dan otak kanan dan delapan talenta multiple intelligencelogic mathematic, linguistic, intrapersonal, interpersonal, visual spatial, bodily kinesthetic, musical, dan naturalist. Karena hasilnya merupakan bakat bawaan, sebaiknya tes ini diikutin sama individu yang masih anak-anak, buat tahu potensi apa yang bisa dikembangin selama masa pertumbuhannya. BrainEvo dan DMI Primagama adalah dua tempat yang menyediakan layanan tes bakat ini.

 

TES POTENSI DI YOUTH MANUAL

Tes potensi diri di website Youth Manual cenderung mudah dan bisa dilakuin di mana aja karena dilakukan secara online. Sasaran website ini adalah remaja usia Sekolah Menengah Atas (SMA) yang pengen tahu jurusan kuliah apa yang cocok buat mereka. Tapi, mahasiswa yang masih penasaran apakah jurusan yang dia ambil sesuai sama minatnya juga bisa mendaftar. Tes yang disediakan beragam dan semuanya mendukung kita buat mencari jalan karir yang bakal diambil di masa depan. Mulai dari tes pemetaan kepribadian, minat, potensi, sampe gaya belajar, semua ada di Youth Manual. Nggak cuma itu, kita juga bisa mengakses informasi tentang jurusan, kampus, dan profesi di website ini. Kita bisa mengakses website ini secara gratis, tapi kalo mau dapet akses pemetaan yang lengkap kita cukup bayar Rp75 ribu buat pelayanannya.

PEMETAAN MINAT DI TEMU BAKAT

Tes di website Temu Bakat sebetulnya lebih merujuk ke pemetaan potensi, kekuatan, dan kelemahan kita. Tesnya berupa pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang hal-hal yang mewakili dan tidak mewakili diri kita. Tes ini disediain secara gratis, dan hasil akhirnya berbentuk pemetaan karir berdasarkan pemetaan 30 bakat peran. Hasilnya dikirim dalam bentuk PDF lewat e-mail, lengkap sama penjelasan cara ngebaca pemetaan bakat peran dan panduan milih jurusan kuliah. Buat yang masih pengen coba-coba tes bakat di tempat lain tapi ragu karena harganya, bisa banget coba di Temu Bakat dulu.

 

TES BAKAT INDONESIA

Tes bakat Indonesia merupakan tes yang didasarin oleh konsep 3P (potential, passion, and personality) dalam memetakan bakat individu. Tes ini bisa diikutin sama anak umur 12 tahun ke atas. Sasaran tes ini adalah siswa-siswi SMP yang bingung milih jurusan di SMA dan siswa-siswi SMA yang bingung milih jurusan buat kuliah. Khusus paket premiumnya, tes ini dilengkapin sama konsultasi sama psikolog buat tahu kecocokan kepribadian sama minat dan bakat kita. Tapi, buat yang punya kendala jarak dan biaya, tes secara online bisa jadi pilihan. Dibandingin sama tes-tes bakat lainnya, kita harus punya uang lebih buat bisa ikut tes di sini. Tapi, akurasi dan kelengkapan hasil tesnya nggak perlu diraguin. Tes ini cocok banget buat kita yang bener-bener galau milih jurusan kuliah.

 

LACAK PREDIKSI KARIR DI PYMETRICS

Nggak cuma website, pymetrics disediain juga dalam bentuk aplikasi di handphone. Berbeda sama tes bakat lain, pymetrics ngasih tes ke kita dalam bentuk paket game berbasis artificial intelligence (AI)Ada 12 tahap game yang harus kita mainin, dan rangkuman dari kesemuanya bakal menghasilkan pemetaan karir yang cocok sama minat dan kepribadian kita. Dari game ini, kita bisa tau seberapa kuat ingatan, kemampuan mengontrol emosi, kemampuan buat fokus, dan seberapa mampu kita mengambil risiko dalam hidup. Sasaran pymetrics lebih spesifik ke orang-orang yang lagi bingung nentuin karir dalam hidupnya. Pymetrics ini udah dipake sama lebih dari 40 perusahaan besar termasuk Unilever buat merekrut karyawan baru, lho.

 

Nggak ada salahnya mencoba salah satu tes bakat buat tahu potensi apa yang kita milikin dan kira-kira bidang apa yang sesuai sama jalan karir kita nantinya. Apa pun jenis tes bakatnya, sesuaikan sama kebutuhan dan budget kita, ya!

About the Author: cs_hansoncoid

You might like