Bangun Personal Brand Dan Ciptain Peluang Lewat Media Sosial

Bangun Personal Brand Dan Ciptain Peluang Lewat Media Sosial

Di luar dampak negatif media sosial (medsos) yang sering banget kita denger, sebenernya media baru ini juga membawa segudang manfaat lho buat kita. Salah satunya adalah gimana kita bisa menggunakannya buat nyari peluang.

 

Liat aja betapa banyaknya orang dan bisnis yang berkembang gara-gara medsos, mulai dari selebgram dengan jutaan followers yang tadinya bukan siapa-siapa, sampai online shop yang bisa dapet keuntungan puluhan juta per bulan tanpa harus bayar sewa. Mereka adalah contoh-contoh orang yang sukses karena berhasil manfaatin medsos dan sebenernya kita bisa banget lho ikutin jejaknya!

Mengutip perkataan presenter dan YouTuber Kevin Hendrawan di Game Changer Fest yang diadain Sampoerna University, Kamis (25/1), banyak banget manfaat yang dibawa oleh internet dan medsos buat kita – dan itu semua bisa kita dapetin secara gratis! So, tinggal pinter-pinternya kita aja gimana manfaatinnya.

 

BUILD YOUR PERSONAL BRAND

Nah, daripada sekedar menggunakan medsos buat sharing kehidupan sehari-hari dan ngobrol sama temen-temen di dunia maya, gimana kalo mulai sekarang kita juga menjadikannya sarana personal brandingWait, apa tuh personal branding? Menurut Timothy P. O’Brien, personal brand adalah a personal identity that stimulates a meaningful emotional response in another person or audience about the qualities or values for which that person stands. Singkatnya sih personal brand adalah gimana kita diliat di mata orang lain dan gimana kita membangun citra tersebut.

Misalnya aja, apa yang muncul di kepala kita ketika mendengar nama Abel Cantika? Pastinya makeup dan beauty dong ya. Berkat ketekunannya update konten di Instagram dan YouTube dengan hal-hal yang berhubungan dengan kecantikanAbel sekarang dikenal sebagai salah satu beauty vlogger paling ternama di Indonesia. Nggak cuma dapet kesempatan buat endorse berbagai produk beauty favorit kita, dia yang terpilih sebagai Maybelline IT-Girls Indonesia bersama Sarah Ayu dan Tasya Farasya bahkan sempet diajak sama brand asal New York ini buat terbang langsung ke sana dan mendatangi New York Fashion Week 2017! Keren banget kan?

Kayak para influencer yang kita follow di medsos, we can also create opportunities through social media lho! Pastinya dengan menonjolkan kualitas positif kita sebagai personal brand yang mau kita bangun. Lanjut mengutip perkataan O’Brien dalam tulisannya yang berjudul “The Power of Personal Brand”, the best part about personal branding is that it focuses on the most important asset you have. Jadi kalo kita suka fotografi, ‘pamerinlah’ hasil foto-foto kita di Instagram. Kalo kita suka makeup, tunjukinlah betapa jagonya kita lewat video-video yang kita upload di Youtube. Kalo kita hobi nulis, muatlah hasil tulisan-tulisan kita di blog biar bisa dibaca oleh lebih banyak orang. Begitu pula kalo kita punya minat dan bakat-bakat lainnya. Who knows kan ke mana karya-karya kita ini bakal ngebawa kita nantinya? 😉

 

STEPS TO CREATE OPPORTUNITIES THROUGH SOCIAL MEDIA

Di acara Game Changer Fest kemaren, founder 3 Skinny Minnies Reina latief Wardhana sempet sharing tentang gimana cara dia manfaatin medsos buat membawa bisnisnya yang bener-bener dimulai dari 0 menjadi salah satu catering sehat terbesar di Jakarta. Partner bisnis sekaligus temen deket Dian Sastro ini juga bilang kalo tahapan mencari peluang lewat medsos yang bakal dijabarin di bawah sebenernya nggak cuma berguna buat ngembangin bisnis, tapi juga bisa kita aplikasiin buat personal branding alias ‘menjual’ diri sendiri. Apa aja tuh tahapannya? Yuk simak!

 

1. WHO ARE YOU?

Pertama-tama, definisiin dulu siapa diri kita dan apa brand kita. Misalnya aja, 3 Skinny Minnies adalah paket makanan sehat. Nah, kalo kita sendiri apa/siapa? Apakah kita seorang fotografer, fashion blogger, beauty blogger, atau writer? Mungkin juga kita adalah food lover, DIY maker, atau place reviewer. Coba pikirin baik-baik deh apa passion dan bakat yang bisa kita tunjukin ke orang-orang sebagai kualitas terbaik diri kita. Konten itulah yang nantinya harus banyak-banyak kita share sebagai bagian dari upaya membangun personal branding. Intinya adalah gimana kita bisa nyeritain who we are lewat akun medsos kita.

 

2. PROMOTE YOURSELF

Setelah mendefinisikan siapa diri kita dan konten apa yang mau kita share, jangan lupa juga buat mempromosikan diri kita. Well, nggak mungkin kan kita selamanya diem aja dan berharap bakal ditemuin dengan sendirinya oleh orang-orang? Kata Mbak Reina, salah satu kelebihan terbesar medsos adalah gimana media ini nggak cuma bisa menghubungkan kita dengan temen-temen yang kita kenal, tapi juga orang-orang yang belum kita kenal. So, don’t hesitate to use this privilege to promote yourself ke orang-orang yang punya minat yang sama dengan kita. Salah satu cara yang bisa kita lakuin adalah dengan manfaatin hashtag.

 

3. MAINTAIN & BROADEN YOUR NETWORK

Yap, sayang banget kalo bakat dan karya kita cuma bisa dilihat sama temen-temen kita yang pasti jumlahnya terbatas. So, broaden your network! Jangan ragu buat follow dan follow back mereka yang punya minat serupa dengan kita karena itulah gunanya medsos. Jangan lupa juga buat tetep maintain network yang udah kita bangun karena mereka-mereka inilah yang pasti bakal ngebantu kita kedepannya.

 

4. BE CONSISTENT

Last but not least, be consistent – baik dari segitu konten, konsep, maupun waktu. Karena kalo kita nggak konsisten, sooner or later orang-orang pasti bakal kehilangan minat terhadap medsos kita, kayak gimana kita bakal ninggalin channel youtube favorit yang udah lama nggak ngeupload video karena nggak ada lagi konten baru yang bisa kita tonton. Konsistensi ini jugalah yang bakal nunjukin ke orang-orang kalo kita emang niat di bidang yang kita tekunin, ya nggak?

About the Author: cs_hansoncoid

You might like