Cara Downgrade iOS (13, 12) Iphone 6,7,8 Tanpa PC

Tidak nyaman atau kurang puas dengan update iOS terbaru? Coba lakukan cara downgrade iOS (13, 12) iPhone 6,7,8 tanpa PC sekarang juga!

Adalah hal wajar bila Anda merasa tidak nyaman dengan upgrade yang dilakukan oleh sistem operasi ini. Hal semacam ini tidak hanya terjadi pada satu orang, tetapi bisa lebih.

Meski sejumlah fitur menarik telah disematkan pada versi terbaru dari iOS, termasuk peningkatan sistem keamanan. Namun, hal tersebut nyatanya tak membuat pengguna yang tidak nyaman memakainya mengurungkan niat untuk kembali ke iOS versi lama.

Nah, pada kesempatan ini kami akan mencoba memberikan tutorial mengenai cara mudah menurunkan iOS atau downgrade dari versi 13 ke 12 pada iPhone 6, 7, dan 8. Selamat menyimak sampai selesai.

Downgrade iOS 13, 12 Tanpa PC, Apa Bisa?

Pertanyaan umum yang muncul di benak para pengguna iPhone saat dihadapkan pada pilihan downgrade adalah “apakah mungkin melakukan downgrade?”, “Benarkah akan berhasil?”.

Downgrade iOS 13, 12 Tanpa PC, Apa Bisa

Jawabannya adalah bisa saja namun lebih baik Anda tetap menyiapkan PC sebagai perangkat untuk back up data yang sudah lama tersimpan di iPhone.

Terlebih lagi, sampai saat ini memang belum ada solusi tepat dan pasti untuk downgrade tanpa bantuan PC atau laptop. Anda tetap akan membutuhkannya sewaktu-waktu sebagai perangkat pendukung.

Penggunaan PC atau laptop dalam proses downgrading juga meningkatkan rasa aman para penggunanya. Hal ini dilakukan untuk menghindari atau mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama proses penurunan OS.

Proses downgrade ini juga akan lebih lancar dan stabil selama Anda memakai PC atau laptop.

Untuk itu, apabila menemukan tutorial penurunan OS tanpa perangkat PC atau laptop, Anda perlu berhati-hati. Jangan sampai langsung melakukannya tanpa berpikir panjang. Bisa jadi hal tersebut bisa berbahaya buat perangkat Anda sendiri.

Lebih jelas, silakan simak tutorial downgrade di bawah ini.

Cara Downgrade iOS 13 ke 12 yang Mudah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan iOS 13 ke versi yang lebih rendah. Berikut ini beberapa langkahnya:

Melakukan back up data

Sebelum melakukan downgrading, Anda terlebih dulu harus mengamankan data-data penting yang tersimpan di HP. Artinya, Anda harus menyalinnya terlebih dulu di perangkat lain. Hal ini perlu dilakukan sebab proses downgrade akan menghapus data-data Anda.

Back up data dapat dilakukan melalui iCloud, iTunes, atau yang lainnya. Berikut ini penjelasan mengenai opsi-opsi tersebut:

iCloud

Adalah layanan penyimpanan data berbasis awan. Layanan ini bisa dipakai untuk menyimpan segala jenis data, baik yang ada di iPhone maupun iPad.

Menariknya, pemakaian iCloud dalam back up data sangat mudah. Anda tinggal menghubungkan smartphone-nya ke port yang ada di komputer. Setelah itu, silakan mulai proses pencadangan datanya sampai selesai.

Selama jaringan internet stabil selama proses pencadangan, maka back up dapat dilakukan dengan lancar dan cepat.

Tak hanya soal jaringan internet, proses ini juga akan makin lancar bila sebelum mencadangkan data Anda memastikan dulu ruang kosong iCloud tersedia dan cukup untuk menampung data yang akan dicadangkan.

Sebagai tambahan informasi, kapasitas gratis iCloud yang tersedia umumnya adalah 5 GB saja. Jika Anda punya data yang lebih besar, maka perbaharuilah kapasitas iCloud terlebih dulu.

Saat ini, Apple sudah menyediakan beragam pilihan kapasitas dengan harga yang berbeda. Kapasitasnya bahkan bisa mencapai 2 TB.

Apabila jaringan internet sudah dipastikan stabil dan ruang kosongnya terpenuhi, maka silakan lakukan langkah berikut ini untuk mencadangkan datanya:

  • Buka menu Settings.
  • Pilih nama Anda yang ada di bagian atas menu tersebut.
  • Klik iCloud.
  • Pilih opsi iCloud Backup.
  • Pada halaman ini, silakan aktifkan iCloud sampai warnanya hijau.
  • Klik Back Up Now.

Tunggu sampai proses pencadangannya selesai.

iTunes

Selanjutnya, Anda bisa coba pencadangan melalui iTunes. Syaratnya adalah punya aplikasi iTunes, kabel USB, dan komputer.

Pastikan dulu ruang memori HP-nya cukup untuk menampung data yang akan dicadangkan. Jika sudah, silakan ikuti tahapan di bawah ini:

  • Hubungkan iPhone dengan komputer pakai kabel USB.
  • Buka iTunes buat pengguna MacOS Mojave dan Windows. Buka Finder buat pengguna Mac OS Catalina atau yang lebih baru.
  • Klik nama iPhone yang sudah terdeteksi.
  • Di sebelah kanan terdapat opsi Back Up Now. Silakan diklik.

Sampai pada tahap ini, Anda tinggal menunggu sampai proses penyimpanan datanya selesai.

Tahapan downgrade iOS 13 ke 12

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk downgrade, yakni melalui recovery mode dan pakai ipsw.me. Di bawah ini adalah penjelasan detailnya:

Via recovery mode

Jika Anda mau melakukan downgrade melalui recovery mode, maka PC atau laptop jelas diperlukan. OS PC atau laptopnya bebas. Boleh Windows, boleh juga Mac. Selain itu, siapkan juga kabel data yang kompatibel dengan perangkatnya.

Cara Downgrade iOS 13 ke 12 yang Mudah - Recovery Mode

Selanjutnya, cek iTunes yang ada di perangkat. Pastikan sudah versi terbaru. Kalau belum, silakan update terlebih dulu.

Apabila semua kondisi sudah terpenuhi, silakan lakukan langkah di bawah ini:

  • Posisikan iPhone dalam kondisi Off.
  • Pakai kabel USB untuk mengoneksikan komputer dengan iPhone.
  • Masuklah ke recovery mode sesuai dengan perangkat masing-masing.
  • Apabila sudah berhasil masuk, silakan buka iTunes. Namun, jika Anda pernah menghubungkan iPhone dengan komputer tersebut sebelumnya, iTunes akan terbuka secara otomatis.
  • Pada tampilan iTunes yang ada di komputer akan ada opsi Restore dan Update.
  • Anda perlu memilih Restore kemudian klik Restore and Update.
  • Layar akan memunculkan tab Software yang isinya adalah informasi mengenai versi iOS 12.
  • Klik Next kemudian Agree.

Sampai pada tahap ini, iPhone akan reboot dan menjalankan proses downgrade. Jadi jangan panik dan tunggu sampai iPhone kembali menyala lagi.

Via ipsw.me

Cara Downgrade iOS 13 ke 12 yang Mudah - Via Ipsw.me

Berbeda dengan recovery mode yang lebih simpel metodenya, cara ini jauh lebih detail dan terkesan panjang tapi mudah. Anda perlu mengunduh dulu iOS yang mau dipasang sebelum melakukan langkah di bawah ini:

  • Kunjungi ipsw.me dari komputer atau klik di sini.
  • Silakan klik iPhone pada halaman utama.
  • Pilih tipe iPhone sesuai dengan yang digunakan saat ini. Misalnya, iPhone 8.
  • Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman versi iOS. Ada yang centang hijau atau yang bertanda silang merah.
  • Klik pada versi iOS yang dikehendaki, kemudian akan masuk ke halaman pengunduhan. Untuk mulai mengunduh iOS-nya silakan klik Download.
  • Tunggu sampai proses pengunduhan selesai.
  • Selanjutnya, lakukan recovery mode sesuai dengan perangkat masing-masing.
  • Setelah masuk ke recovery mode, iTunes akan terbuka secara otomatis. Buka secara manual jika tidak muncul.
  • Jika halaman iTunes sudah muncul, silakan klik Restore.
  • Cari file iOS yang mau dipasang, silakan dibuka (Open).
  • Klik opsi Restore pada tab kecil yang tampil di layar.

Sampai di sini, tinggal tunggu saja sampai iOS yang dikehendaki terpasang di HP Anda.

Penutup

Sebagai catatan, masing-masing perangkat punya trik recovery mode masing-masing. Jadi, sebelum Anda memulai langkahnya, Anda baiknya Anda mencari tahu cara masuk recovery mode sesuai dengan iPhone yang saat ini sedang digunakan.

Demikian informasi tentang cara downgrade iOS (13,12) iPhone 6,7,8 yang dapat hanson.co.id sampaikan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk restore data yang sudah diback up ke komputer setelah iOS-nya terpasang.