Cara Membuat Kolase Foto di HP Paling Mudah dan Anti Ribet

Kolase foto sedang menjadi trend sekarang ini. Banyak sekali kawula muda yang menggandrungi trend tersebut agar postingan di instagram terlihat lebih kece. Ada banyak sekali cara untuk membuat kolase foto hanya dengan menggunakan HP Android saja. Berikut ini adalah cara membuat kolase foto di HP paling mudah dan dijamin pasti cantik:

1. Pilih Foto Yang Ingin di Edit Kolase

Langkah pertama yang harus ditempuh oleh pengguna adalah memilih foto yang akan dibuat kolase terlebih dahulu. Pengguna juga harus menentukan berapa banyak foto yang nantinya akan disatukan menjadi sebuah karya yang cantik. Nyatanya, memilih foto bukanlah perkara yang mudah karena setiap orang memiliki pertimbangannya sendiri-sendiri.

Untuk memudahkan dalam proses memilih foto ketika akan diedit, maka disarankan untuk menyimpan dalam 1 file dan dinamai setiap fotonya. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah dalam mencarinya dan mengedit foto pun tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

2. Cari Aplikasi Edit Foto Paling Populer

Ada banyak sekali aplikasi yang tersedia secara gratis untuk membuat kolase foto. Namun sebelum memilih, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu fitur apa saja yang terdapat di dalamnya agar nantinya tidak menyesal setelah mengunduhnya. Agar tidak bingung, di bawah ini adalah beberapa aplikasi yang recommended untuk pengguna:

  • Canca
  • Photo Grid
  • PicsArt
  • VSCO

Beberapa aplikasi di atas tentu saja dapat diunduh melalui Google Play Store. Menariknya lagi, aplikasi tersebut kini telah tersedia di smartphone Android sehingga siapapun dapat mengoleksinya. Masalah fitur dan kecanggihannya tentu sudah tidak dapat diragukan lagi.

3. Buka Aplikasi dan Pilih Fitur Kolase Foto

Cara membuat kolase foto di HP yang selanjutnya adalah membuka aplikasi dan memilih fitur kolase foto. Dari beberapa aplikasi yang telah dipaparkan, Canva merupakan aplikasi yang paling direkomendasikan untuk melakukannya. Untuk menggunakan aplikasi Canva, ada beberapa langkah yang harus ditempuh yaitu melakukan login terlebih dahulu, barulah memilih template yang tepat.

Selain Canva, Photo Grid juga tidak kalah menariknya karena mampu menyediakan template kolase dalam bentuk filmstrip sehingga tampilannya akan lebih kece ketika di post ke media sosial. Pengguna pun dapat memilih bingkai dengan bebas, baik yang vertikal ataupun horizontal.

4. Pilih Foto Yang Akan Dikolasekan, Lalu Masukkan Ke Dalam Aplikasi

Jika tadi fotonya sudah disimpan dalam 1 file, maka sekarang tinggal dimasukkan saja ke dalam aplikasinya. Setelah dimasukkan tentunya pengguna harus meletakkan setiap foto ke dalam bagian yang pas agar terlihat cantik. Mungkin langkah ini tidak terlalu sulit, hanya saja dibutuhkan jiwa-jiwa seni yang tinggi.

5. Edit Sesuai Keinginan

Jika menggunakan Canva, ada banyak sekali fitur yang dapat dimanfaatkan. Beberapa diantaranya adalah mampu menjalankan perintah merubah warna ataupun menambahkan elemen sticker, gambar, ilustrator, dan lainnya. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan crop foto, memburamkan foto, memberikan efek filter, dan juga membalikkan foto dengan fitur yang telah disediakan.

Setelah selesai mengedit, hasil foto dapat disimpan dalam bentuk JPG ataupun PNG. Pengguna pun langsung dapat membagikannya ke media sosial seperti Pinterest, Instagram, Facebook, dan lainnya. Bahkan, pengguna juga dapat mencetaknya sendiri untuk dipajang di rumah. Resolusi yang dihasilkan dari aplikasi ini juga tidak mengecewakan sehingga layak untuk dicoba.

Cara membuat kolase foto di HP tersebut sangat mudah sekali untuk dipraktekan. Pastikan, pengguna memiliki foto yang cantik terlebih dahulu untuk dibuat kolase foto. Jika sudah memilikinya, segera praktekan dengan menggunakan aplikasi populer yang telah dipaparkan di atas. Dijamin, hasilnya akan memuaskan dan terlihat kece. Selamat mencoba.