Don't Show Again Yes, I would!

Ternyata Gampang! Ini Cara Membuat Stempel Dengan Word

Table of contents: [Hide] [Show]

Cara membuat stempel dengan Word sebenarnya cukup mudah dan simpel sehingga Anda tidak membutuhkan photoshop ataupun jenis aplikasi editing lainnya. Pembuatan stempel secara sederhana menggunakan Word ini pun bisa dilakukan dengan berbagai macam variasi Microsoft Word mulai dari versi 2007, 2010, 2013, dan ataupun juga Word 2016.

Stempel pada umumnya digunakan oleh sebuah lembaga atau perusahaan tertentu sebagai identitas dan keabsahan mengenai dokumen yang telah ditanda-tanganinya. Oleh karena itu stempel memainkan peranan yang sangat penting sebagai penunjuk identitas dan juga keresmian suatu dokumen atau surat tugas.

Cara Membuat Stempel Dengan Word Secara Mudah

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya mengenai cara pembuatan stempel dengan menggunakan Microsoft Word, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan jika ingin membuat stempel sederhana.

1. Cara Membuat Stempel Dengan Word : Buka Dokumen Terlebih Dahulu

Sebelum membahas secara lebih jauh tentang cara membuat stempel dengan Word tentu saja langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan membuka dokumen Word terlebih dahulu. Anda perlu membuka lembar kerja baru  yang akan digunakan sebagai lembar kerja untuk pembuatan dokumen berisikan stempel tersebut.

Cara membuka lembar dokumen baru pun sangatlah mudah. Anda bisa klik pada logo tombol Windows yang ada di pojok kiri bawah dan kemudian silakan Anda cari Word atau Microsoft Word sesuai dengan yang terinstal di perangkat Anda. Jika sudah ketemu, silakan klik pada menu tersebut untuk membuka jendela lembar kerja baru Anda.

2. Memasukkan Bentuk Stempel Sederhana

Memasukkan Bentuk Stempel Sederhana

Setelah Anda berhasil membuka lembar kerja yang baru maka kini Anda pun sudah siap untuk membuat stempel sederhana di lembar kerja Word yang Anda miliki. Sebagai bentuk dasaran pembuatan stempel, terlebih dahulu Anda bisa menyisipkan bentuk objek Word yang paling mirip dengan bentuk stempel yakni No Symbol.

Caranya silakan Anda bisa klik Insert pada menu bar Word Anda kemudian silahkan pilih menu Shapes dan silakan pilih bentuk sisipan objek berupa No Symbol. Silakan klik pada bentuk simbol tersebut sehingga nantinya objek tersebut akan dimasukkan ke dalam meja lembar kerja yang sudah Anda buka sebelumnya.

3. Melakukan Penyesuaian Logo Stempel

Jika diperhatikan, pada mulanya gambar logo No Symbol yang Anda masukkan pada lembar kerja tersebut masih dalam posisi yang miring. Agar bisa digunakan sebagai stempel pada umumnya maka logo gambar tersebut haruslah diubah orientasinya menjadi bentuk sejajar sehingga semakin mirip dengan stempel dan bisa digunakan seperti layaknya sebuah stempel.

Untuk membuatnya menjadi sejajar, silakan Anda bisa memutar tanda “Logo Backwards” dan putar logo tersebut hingga lurus seperti bentuk objek stempel pada umumnya. Anda perlu melakukan hal ini dengan berhati-hati agar hasil yang didapatkan pun menjadi lebih sempurna.

4. Pengaturan Warna Dasar Stempel

Pengaturan Warna Dasar Stempel

Setelah Anda berhasil membuat posisi orientasi stempel tersebut menjadi sejajar maka cara membuat stempel dengan Word yang selanjutnya adalah dengan melakukan pengaturan warna dasar stempel dengan sebaik-baiknya. Untuk mengatur warna dasar logo di stempel, silakan Anda bisa klik kanan pada logo tersebut dan kemudian atur Shape Fill dan Shape Outline.

Dengan menggunakan fitur pengaturan warna tersebut maka Anda bisa memilih warna yang cocok sesuai dengan selera stempel Anda baik itu stempel berwarna ataupun stempel dengan efek transparan saja.

5. Membuat Tulisan Pada Stempel

Di dalam logo stempel yang sudah Anda buat, bisa juga disisipkan tulisan sesuai dengan desain stempel yang Anda miliki. Untuk melakukannya, silakan Anda bisa klik Insert kemudian pilih bagian WordArt dan silakan pilih jenis model Font yang Anda inginkan.

6. Membuat Tulisan Melengkung ke Atas dan ke Bawah

Membuat Tulisan Melengkung ke Atas dan ke Bawah

Setelah Anda memasukkan tulisan yang sesuai pada stempel tersebut maka cara membuat stempel dengan Word yang berikutnya adalah dengan mengatur agar tulisan menjadi melengkung ke atas dan melengkung ke bawah sesuai yang ada di desain stempel.

Untuk membuat tulisan menjadi melengkung ke atas, Anda bisa melakukannya dengan cara klik pada bagian tulisan WordArt yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian silahkan pilih Format dan klik Text Effect kemudian sorot Transform dan pilih efek Arch Up. Lakukan penyesuaian agar tulisan melengkung dengan baik dan sempurna.

Sedangkan untuk membuat tulisan melengkung ke bawah caranya pun hampir sama yakni klik pada bagian tulisan WordArt yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian silahkan pilih Format dan klik Text Effect kemudian sorot Transform dan pilih efek Arch Down dan silakan lakukan pengaturan agar tulisan menjadi rapi.

Demikianlah hanson.co.id ulasan mengenai cara membuat stempel dengan Word yang perlu Anda ketahui. Kini berbekal dengan pembahasan yang telah disampaikan tersebut Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin membuat stempel untuk berbagai keperluan dokumen instansi perusahaan Anda.

Share: