Mudah! Cara Memindahkan Chat Whatsapp ke Hp Baru yang Harus Dicoba

Seseorang terkadang merasa kebingungan bagaimana cara memindahkan chat whatsapp ke hp baru yang mereka miliki. Ketidaktahuan ini tentu saja adalah sebuah hal yang wajar. Tidak semua orang memiliki kepekaan terhadap teknologi yang perkembangannya semakin hari semakin pesat.

Semua pesan yang ada di akun whatsapp akan langsung hilang secara otomatis apabila akun dikeluarkan dari satu perangkat. Oleh karena itu dibutuhkan backup ketika ingin memindahkan akun whatsapp yang sama ke perangkat baru agar pesan-pesan penting tersebut tidak hilang. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan ketika memindahkan chat whatsapp ke perangkat baru:

1. Pencadangan Google Drive

Rasanya saat ini tidak mungkin bagi seseorang yang memiliki hp yang memiliki ponsel yang menggunakan sistem operasi android tapi tidak memiliki akun gmail. Gmail menjadi syarat wajib ketika seseorang melakukan registrasi di perangkat hp baru agar dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di hp secara maksimal.

Adanya akun gmail di perangkat telepon pintar akan memudahkan pengguna ketika ingin melakukan pencadangan riwayat pesan di aplikasi Whatsapp Messenger. Cara memindahkan chat Whatsapp ke hp baru bisa dilakukan dengan melakukan pencadangan di Google drive yang sudah tersambung dengan akun gmail.

Pencadangan Google Drive sangat mudah dilakukan, yaitu cukup dengan menekan tombol titik tiga yang ada di pojok kanan atas, setelah itu pilihlah opsi setting atau setelan. Setelah itu klik pada opsi Chat, kemudian tekan cadangan chat. Langkah terakhir adalah dengan menekan cadangkan pesan.

2. Restore Chat dengan Google Drive

Pastikan telah melakukan pencadangan dengan Google Drive di ponsel lama. Setelah memiliki perangkat baru, pengguna bisa langsung mensinkronkan Google Drive tanpa kehilangan riwayat chat yang penting. Namun jangan lupa bahwa akun gmail yang disinkronkan harus sama dengan akun gmail yang digunakan untuk melakukan pencadangan di ponsel lama.

Namun, terkadang ada beberapa chat yang tidak bisa direstore apabila proses pencadangan yang sebelumnya dilakukan tidak selesai dengan sempurna. Untuk mengurangi resiko ini, Whatsapp telah menyediakan empat pilihan pencadangan otomatis, yaitu harian, mingguan, ada juga bulanan, atau tidak sama sekali.

3. Pencadangan Lokal

Selain melakukan backup chat dengan menggunakan Google Drive, cara memindahkan chat Whatsapp ke hp baru juga bisa dengan melakukan pencadangan lokal di memori ponsel. Caranya yaitu, setelah melakukan pencadangan seperti sebelumnya, pengguna bisa mentransfernya ke perangkat baru menggunakan laptop.

4. Restore Chat Secara Manual

Ketika melakukan pencadangan lokal, maka yang bisa dilakukan adalah restore chat secara manual di perangkat baru. Caranya adalah dengan menyambungkan perangkat baru dengan laptop yang digunakan untuk melakukan backup. Setelah itu file yang telah di backup bisa di salin ke perangkat baru.

5. Pencadangan iCloud

Tipe pencadangan ini hanya bisa digunakan oleh pengguna iPhone. Caranya sama ketika mencadangkan chat dengan Google Drive yaitu pengaturan > chat>cadangan chat>cadangkan chat. Setelah melakukan backup di ponsel lama, langkah yang dilakukan setelahnya adalah melakukan registrasi perangkat iphone yang baru dengan akun iCloud yang sama.

Untuk melakukan pencadangan pesan diperlukan koneksi internet yang cukup cepat dan relatif stabil. Jika tidak, maka pencadangan akan terputus sehingga ketika di restore akan ada chat yang hilang dan tidak bisa dikembalikan.

Demikian adalah cara memindahkan chat whatsapp ke hp baru yang bisa dilakukan oleh pengguna. Chat Whatsapp yang berisi tentang percakapan dengan orang terkasih, pekerjaan, ataupun tugas sekolah/kuliah tentu tidak boleh sampai hilang.