Bagaimana Cara Memindahkan Excel ke Word Secara Rapi Yuk Cari Tahu!

Baik Excel maupun Word belum memiliki fitur untuk konversi berkas. Namun, cara memindahkan Excel ke Word bisa dilakukan secara manual. Hal ini bisa dilakukan dengan cara salin (copy) dan tempel (paste). Namun, tidak sedikit yang merasa repot karena data hasil tempel tidak rapi alias berantakan.

Untuk menyajikan data hasil copy-paste tertata rapi, banyak cara yang bisa dilakukan. Berikut ini terdapat beberapa tahapan yang harus diperhatikan, sehingga berhasil memindahkan data dari Excel ke Word. Di antara langkah-langkah tersebut, antara lain sebagai berikut:

1. Buka File Excel dan Pastikan Data Sudah Diborder

Pertama-tama, buka terlebih dahulu file Excel yang akan dipindahkan ke Word. Pastikan bahwa data yang akan disalin sudah diborder, sehingga hasilnya pun lebih rapi. Caranya, blok data tabel, kemudian pilih All Borders yang tertera pada pilihan borders.

Pada dasarnya, borders yang bisa dipilih beragam. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Namun, ketika melakukan penyalinan data Excel yang telah diborder akan mempermudah penyajian data yang lebih rapi. Jadi, pastikan data yang disalin sudah diborder.

2. Salin Data

Pada dasarnya proses penyalinan data bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama bisa dilakukan dengan cara blok data yang akan disalin, kemudian klik kanan dan pilih menu Copy. Cara ini merupakan opsi yang paling banyak digunakan pengguna.

Selanjutnya, bisa juga dengan cara melakukan blok data, lalu tekan tombol kombinasi Ctrl dan C. Cara lainnya bisa dilakukan dengan klik bagian Edit, dan pilih opsi Copy. Lalu, jika menggunakan Mac, bisa menekan Command dan tombol C untuk salin data.

3. Tempel Data dengan Berbagai Opsi

Selanjutnya, buka dokumen Word, lalu tempel (paste) data dari Excel. Hal ini bisa dilakukan dengan menekan tombol kombinasi antara Ctrl dan V. Alternatif lainnya bisa dilakukan memilih menu Edit dan pilih opsi paste. Ketika menggunakan Mac, bisa dilakukan dengan cara menekan Command  dan V.

Cara memindahkan Excel ke Word bisa dilakukan dengan opsi tempel yang beragam. Sebelumnya, pastikan untuk mengaktifkan menu Show Paste Options dengan cara mencentang bagian kotak yang tersedia. Selanjutnya, ketika menempel data klik opsi Paste Options di bagian bawah sudut kanan.

4. Pilih Gaya Tabel Sesuai kebutuhan

Selanjutnya, cara memindahkan Excel ke Word agar lebih rapi, pastikan untuk memilih gaya tabel. Dalam hal ini, setiap pengguna bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing. Jika data tabel yang disalin ingin bergaya Excel, maka klik opsi “Keep Source Formatting”. Lain halnya jika ingin menyesuaikan dengan gaya Word, maka klik menu “Match Destination Table Style”.

5. Klik “Keep Text Only” untuk Tempel Tanpa Format

Ketika data yang dipindahkan dari Excel tanpa format tertentu, maka bisa mengklik bagian “Keep Text Only”. Hasilnya akan cukup berbeda, setiap baris membentuk paragraf sendiri. Lalu, setiap data kolom dipisahkan dengan Tab. Sekilas, melihat data yang disajikan akan terlihat berantakan. Namun, pada kondisi tertentu opsi ini bisa diterapkan sesuai kebutuhan pengguna.

Nah, itulah  cara memindahkan Excel ke Word yang patut untuk diperhatikan. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk bisa mempermudah pengguna ketika harus menyalin data dari Excel ke Word. Ikuti setiap langkahnya, untuk bisa mendapatkan sajian data yang lebih rapi.