Cara Memindahkan Penyimpanan Ke Kartu SD, Jangan Khawatir HP Lemot!

Memori pada smartphone menjadi salah satu pilihan pengguna apabila mulai merasakan penyimpanan penuh dan mengganggu kinerja smartphone. Akan tetapi perlu juga diketahui cara memindahkan penyimpanan ke kartu SD agar data yang dimiliki tidak hilang. Selain itu, kartu memori memiliki beberapa pilihan yang beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Keberadaan kartu memori akan membuat aktivitas dan kegiatan pengguna akan lebih sederhana karena dapat dicabut dan dipasang ulang. Kartu memori juga dapat mengamankan data ketika smartphone mengalami kerusakan karena merupakan penyimpanan eksternal. Yuk, langsung simak bagaimana cara memindahkan penyimpanan ke kartu SD sesuai dengan kebutuhan dalam penjelasan berikut ini:

1. Letakkan Kartu SD Pada Slot Telepon

Perlu diketahui oleh pengguna, sangat umum bagi smartphone memiliki setelan asal yang menyimpan unduhan file ke dalam penyimpanan internal. Sebenarnya pengguna dapat mengubah pengaturan ini baik secara permanen maupun hanya ketika ada file yang diunduh. Maka dari itu, tahap pertama  adalah dengan meletakkan kartu SD  dalam slot khusus pada telepon.

Biasanya smartphone yang dirilis beberapa tahun belakangan ini akan memiliki slot memori di samping slot kartu SIM. Tidak hanya itu, smartphone kini juga memiliki kunci khusus untuk membuka ruang penyimpanan tersebut. Nah, setelah menemukan slot tersebut pengguna dapat langsung meletakkan kartu SD dengan mengikuti bentuk yang dimiliki.

2. Kartu SD Dapat Terbaca Dan Siap Digunakan

Langkah selanjutnya untuk dapat menggunakan kartu SD adalah dengan memastikan bahwa kartu SD terbaca. Setelah meletakkan kartu SD pada slot yang tersedia, seringkali kartu SD tidak dapat terbaca karena rusak atau pemasangan yang kurang tepat. Ketika hal tersebut terjadi, pengguna dapat mengecek kembali pemasangan dan melakukan restart pada smartphone miliknya.

Pengguna juga dapat melihat dan memeriksa apakah kartu SD yang dipasang telah terbaca untuk siap digunakan atau belum. Caranya adalah dengan mengunjungi manager file kemudian pada folder penyimpanan atau storage akan terlihat. Ketika kartu SD telah siap digunakan maka akan ada nampak pilihan internal storage dan juga kartu SD.

3. Membuat Folder Baru

Sebelum melangkah pada tahap selanjutnya, pengguna dapat mengatur folder tujuan terlebih dahulu agar terlihat rapi. Tahap yang dilakukan hanya dengan membuka file manager, kemudian klik lambang folder di sudut atas, dan selesai. Pengguna juga dapat memberikan nama sesuai keinginan agar lebih mudah untuk dicari ketika sedang dibutuhkan.

4. Tunggu Proses Pemindahan File Sampai Selesai

Tahap selanjutnya dalam cara memindahkan penyimpanan ke kartu SD adalah memindahkan file lama yang dapat dilakukan sekaligus. Memanfaatkan cara sebelumnya, pengguna hanya harus menekan file selama kurang lebih 2 detik yang akan dipindahkan lalu ditandai. Setelah itu klik pindah atau move ke kartu SD kemudian pilih folder tujuan yang telah dibuat sebelumnya.

5. Tahap Penyimpanan File Baru

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa pengunduhan akan otomatis tersimpan pada internal storage. Maka dari itu, pengguna dapat mengatur tujuan penyimpanan unduhan sesuai keinginannya melalui pengaturan tujuan pada notifikasi download. Selain itu, jika pengguna ingin otomatis tersimpan pada kartu SD dapat mengatur penyimpanan aplikasi pada menu settings.

Jadi, itu adalah beberapa cara memindahkan penyimpanan ke kartu SD yang dapat disesuaikan oleh kebutuhan pengguna. Alangkah baiknya agar tidak sia-sia, sebelum membeli kartu memori, pengguna memeriksa kapasitas memori eksternal yang dimiliki oleh gadget miliknya. Nah, setelah itu pengguna menentukan besaran kartu memori yang beraneka ragam sesuai keinginan.