Cara Memperbaiki Hardisk Lemot di Windows, Terbukti Ampuh

Permasalahan hardisk lemot terkadang memang cukup menjengkelkan bagi sebagian orang. Masalah ini dapat memperlambat proses transfer file ataupun read/write sehingga dapat mengganggu kelancaran dalam bekerja. Tak hanya itu, masalah ini dapat menyebabkan masalah lain, seperti adanya virus yang membahayakan file-file Anda yang ada pada komputer atau PC.

Biasanya masalah hardisk lemot biasa ditemukan pada komputer atau laptop jadul. Maka dari itu, apabila laptop atau komputer Anda tergolong jadul, maka perawatan hardisk laptop sangat penting dilakukan agar permasalahan tersebut tidak semakin memburuk.

Hardisk lemot akibat adanya kerusakan pada software bisa menimbulkan permasalahan yang cukup kompleks, mulai dari adanya virus, fragmentation, bad sector, dan permasalahan serius lainnya yang tentunya dapat mempengaruhi performa hardisk Windows Anda. Untuk mengatasi permasalahan ini, berikut adalah cara memperbaiki hardisk lemot di Windows yang wajib Anda coba!

Memeriksa dan Menghapus Virus

Kerusakan yang terjadi pada software hardisk dapat menyebabkan adanya virus. Virus yang ada pada hardisk dapat mengganggu performa hardisk. Untuk mengatasi virus, Anda dapat menggunakan aplikasi anti virus bawaan dari komputer atau laptop Anda, Windows Defender ataupun aplikasi anti virus lain yang memiliki reputasi baik.

Untuk bisa menghapus virus dari komputer, Anda tidak perlu merasa bingung karena cara ini sangat mudah dilakukan. Berbekal aplikasi anti virus, Anda bisa membersihkan virus-virus tersebut dengan beberapa kali klik saja. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Klik kanan pada hardware kemudian pilih scan with Windows Defender

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan masuk ke menu This PC dan temukan ikon Drive C atau OS (C). Klik kanan pada ikon tersebut dan pilih Scan with Windows Defender.

Klik kanan pada hardware kemudian pilih scan with Windows Defender

Tunggu proses scanning virus hingga selesai

Setelah klik Scan with Windows Defender, maka proses scan akan segera dimulai. Tunggu proses scan hingga selesai.

Tunggu proses scanning virus hingga selesai

Menonaktifkan Program Startup yang Diinstall pada Komputer

Salah satu penyebab lemotnya hardisk adalah banyaknya program startup dan aplikasi yang terinstal pada komputer. Semakin banyak aplikasi yang terinstal, maka memori hardisk semakin sedikit dan kinerja hardisk menjadi lebih berat.

Salah satu cara memperbaiki hardisk lemot akibat terlalu banyak aplikasi atau program yang terinstal adalah dengan menonaktifkannya. Untuk menonaktifkan aplikasi yang telah terinstal pada komputer, Anda dapat melakukannya dengan mudah tanpa perlu waktu yang lama.

Berikut adalah langkah-langkah menonaktifkan aplikasi atau program startup yang ada di komputer Windows Anda.

Buka Task Manager kemudian buka tab Startup

Untuk membuka Task Manager, Anda dapat mencarinya dari kolom pencarian. Klik dan buka Task Manager di komputer kemudian pilih tab Startup.

Buka Task Manager kemudian buka tab Startup

Pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan

Dalam Task Manager di tab Startup, terdapat beberapa program dan aplikasi yang bisa Anda pilih untuk dinonaktifkan. Pilih program yang sekiranya jarang atau tidak pernah Anda gunakan agar tidak mengganggu aktivitas Anda.

Klik kanan pada program tersebut dan pilih Disable

Klik kanan pada program tersebut dan pilih Disable

Memeriksa Penggunaan Disk dan Merestart Program

Apakah komputer atau laptop Anda memiliki banyak aplikasi? Apabila iya, Anda perlu memerikasi penggunaan disk pada komputer Anda. Jumlah aplikasi yang dimiliki tentunya mempengaruhi ruang penyimpanan dan performa disk. Apabila penggunaan disk Anda tergolong tinggi, maka bisa menyebabkan penurunan performa pada disk atau lemot.

Untuk mengetahui apakah komputer Anda memiliki penggunaan disk yang tinggi, Anda dapat langsung mengecek dan memperbaikinya dengan mudah. Cara memperbaiki hardisk lemot satu ini juga bisa dilakukan dengan sangat cepat, bahkan kurang dari satu menit. Berikut adalah tahapan-tahapan yang diperlukan untuk memeriksa penggunaan disk.

Buka Task Manager

Agar dapat membuka Task Manager, Anda dapat mencarinya di kolom pencarian pada komputer Anda. Untuk melakukannya, ketikkan kata Task Manager kemudian tekan tombol Enter untuk memulai pencarian. Setelah ditemukan, klik pada aplikasi tersebut untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Pilih tab Processes

Setelah berhasil membuka Task Manager, pilih tab Processes. Pada tab tersebut, Anda akan melihat kolom Disk. Lihat dengan seksama program atau aplikasi mana yang memiliki penggunaan disk tinggi.

Pilih tab Processes

Pilih aplikasi dan restart

Setelah menemukan aplikasi dengan penggunaan disk yang tinggi, Anda dapat langsung restart aplikasi tersebut. Dengan merestart aplikasi, Anda dapat memulihkan kembali performa disk sehingga hardisk bisa menjadi lebih cepat.

Melakukan Disk Clean Up

Melakukan disk clean up adalah salah satu cara memperbaiki hardisk lemot yang cukup efektif. Cara ini dilakukan dengan membersihkan file sampah dari sistem ataupun cache dari berbagai aplikasi. Untuk melakukan cara ini, Anda dapat melakukannya menggunakan aplikasi bawaan komputer Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Buka menu This PC dan klik kanan pada Drive C

Hal pertama yang harus dilakukan untuk Disk Clean Up adalah membuka menu This PC. Di dalam menu tersebut, kemudian temukan icon Drive C atau OS (C). Kemudian klik kanan pada menu Drive C tersebut untuk dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

Buka menu This PC dan klik kanan pada Drive C

Pilih tab General dan klik Disk Clean Up

Pilih tab General yang ada pada jendela Windows yang muncul. Pada tab General terdapat menu Disk Clean Up, klik menu tersebut dan tunggu beberapa saat. Tersebut dan tunggu beberapa saat.

Pilih tab General dan klik Disk Clean Up

Pilih file sampah yang akan Anda sampah

Setelah menunggu beberapa saat, terdapat Windows Box yang akan muncul dan menampilkan daftar file sampah yang memenuhi disk Anda. Pilih lah file-file yang akan Anda hapus kemudian klik OK.

Pilih file sampah yang akan Anda sampah

Itulah beberapa saran dari hanson.co.id tentang cara memperbaiki hardisk lemot anti gagal yang dapat Anda praktekkan di rumah. Sebelum melakukan percobaan-percobaan di atas, Anda perlu mengidentifikasi sebab permasalah lemotnya hardisk Anda terlebih dahulu agar solusi yang Anda ambil dapat tepat sasaran.