Cara Mengatasi HP iPhone Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi HP iPhone Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi HP iPhone Tidak Bisa Disentuh – Tidak bisa dipungkiri, iPhone saat ini memang menjadi salah satu jenis smartphone yang banyak sekaligus di idam-idamkan oleh sebagian besar para pengguna perangkat gadget. Adanya kelengkapan fitur software maupun hardware dengan kualitas tinggi  menjadi salah satu alasan kenapa iPhone menjadi salah satu jenis perangkat smartphone yang sangat recomended untuk dimiliki, meskipun harga jualnya yang cukup mahal di pasaran.

Namun dibalik segudang kelebihan yang dimiliki oleh iPhone, layaknya seperti perangkat elektronik pada umumnya, berbagai permasalahan pada perangkat juga dapat dialami oleh para pengguna iPhone. Salah satu permasalahan yang banyak dialami oleh para pengguna iPhone ada bagai layar yang tidak bisa disentuh atau kurang responsif. Jika permasalahan pada bagian layar tersebut terjadi, tentu akan menjadi sebuah permsaalahan yang cukup serius, karena secara langsung akan mempengaruhi kenyaman dalam hal penggunaan perangkat.

Bagi kamu para pengguna iPhone yang mengalami kendala pada bagian layar perangkat yang tidak bisa di sentuh, pada artikel kali ini hanson.co,id akan menyajikan sebuah artikel yang akan mengulas mengenai bagaimana cara mengatasi HP iPhone tidak bisa disentuh, yang dapat kamu coba terapkan pada perangkat iPhone milikmu yang bermasalah tersebut.

Penyebab Layar HP iPhone Tidak Bisa Disentuh

Sebelum membahas secara lengkap mengenai bagaimana cara mengatasi layar iPhone yang tidak bisa untuk disentuh, berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin dapat menjadi penyebab timbulnya permasalahan tersebut:

  1. Layar kotor atau terkena kotoran: Jika layar HP iPhone terkena kotoran, minyak, atau debu, hal ini dapat mengganggu responsivitas layar sentuh. Faktor penggunaan atau penempatan menjadi salah satu penyebab utama yang menyebabkan layar iPhone menjadi kotor
  2. Pernah terjatuh: Jika layar HP iPhone mengalami kerusakan fisik, seperti retak atau pecah, maka layar mungkin tidak berfungsi dengan baik. Dalam kasus seperti ini, diperlukan perbaikan atau penggantian layar oleh teknisi yang terampil.
  3. Perangkat lunak yang tidak responsif: Alasan lainnya yang menjadi salah satu penyebab layar iPhone tidak dapat disentuh atau adalah adanya penggunaan perangkat lunak yang tidak atau kurang responsif dengan perangkat iPhone yang digunakan.
  4. Gangguan pada aplikasi atau sistem operasi: Terkadang, aplikasi atau sistem operasi yang bermasalah dapat menyebabkan layar tidak dapat sentuh. Pastikan kamu menggunakan versi aplikasi dan sistem operasi terbaru yang kompatibel dengan perangkat iPhoen yang kamu miliki.
  5. Kelembaban atau air yang masuk: Jika sebuah perangkat iPhone terkena kelembaban atau air, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada layar dan menyebabkan layar menjadi sulit untuk disentuh.
  6. Kapasitas memori penuh: Penuhnya kapasitas penyimpanan iOS menjadi salah satu penyebab yang dapat mengakibatkan layar iPhone menjadi tidak responsif. Sebuah sistem operasi pada umumnya memerlukan ruang penyimpanan yang cukup agar proses pengoperasian sistem dapat berjalan dengan lancar.

Cara Mengatasi HP iPhone Tidak Bisa Disentuh

Berikut ini adalah tindakan perbaikan yang dapat kamu lakukan, jika perangkat iPhone yang kamu miliki mengalami permasalahan pada bagian layar yang sulit atau tidak bisa disentuh:

1. Melakukan restart perangkat

iPhone Tidak Bisa Disentuh

Cara pertama yang dapat kamu lakukan ketika iPhone yang kamu miliki mengalami permasalahan pada bagian layar yang tidak dapat disentuh atau kurang responsif adalah melakukan restart pada perangkat. Cara ini mungkin menjadi cara yang paling mudah untuk kamu lakukan.

Setelah selesai melakukan tindakan restart, agar tindakan perbaikan yang kamu lakukan dapat memperoleh hasil yang maksimal, kamu perlu melakukan update aplikasi atau penghapusan pada aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan, dan juga pembersihan cache atau file sampah . Hal tersebut penting untuk dilakukan guna membantu mengosongkan kapasitas penyimpanan iOS yang ada.

2. Melakukan hard restart iPhone

Jika dengan melakukan tindakan restart belum juga dapat mengatasi permasalahan pada layar iPhone yang tidak bisa disentuh, tindakan perbaikan selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah melakukan hard reset perangkat. Cara ini dapat kamu lakukan jika permasalahan layar yang kamu alami tidak disebabkan adanya kerusakan pada bagian hardware.

Untuk cara melakukan hard restart pada iPhone mungkin akan memiliki langkah-langkah yang berbeda, tergantung dari tipe iPhone yang kamu miliki. Sebagai gambaran, berikut ini adalah cara hard restart pada iPhone:

  • iPhone 6 dan model sebelumnya: Tekan tombol kombinasi Home + Power selama beberapa detik hingga muncul logo Apple
  • iPhone 7 dan model di atasnya: Tekan kombinasi tombol Volume Down + Power selama beberapa detik sampai muncul logo Apple.

3. Melakukan factory reset

iPhone Tidak Bisa Disentuh

Terjadinya permasalahan  pada layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi dapat disebabkan oleh adanya eror pada sistem operasi. Oleh sebab itu, tindakan factory reset perlu untuk kamu lakukan, agar layar iPhone milikmu dapat berfungsi dengan optimal kembali.

Adanya virus yang masuk ke dalam sistem operasi yang disebabkan oleh adanya penginstalan aplikasi pihak ketiga yang tidak terpercaya dapat menyebabkan adanya kerusakan atau error pada sistem operasi. Dengan melakukan tindakan factory reset, semua sistem operasi dan software Iphone milikmu akan dikembalikan seperti baru kembali.

Namun sebelum melakukan tindakan factory reset, pastikan terlebih dahulu kamu telah mengamankan beberapa file-file yang kamu anggap penting (back up) dengan memindahkannya ke dalam memori eksternal.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan tindakan factory reset pada iPhone:

  1. Klik menu “Pengaturan” (ikon roda gigi) pada layar utama
  2. Cari dan klik pada menu pilihan “Umum”
  3.  Ketuk opsi “Reset”
  4. Setelah mengklik menu opsi tersebut, kamu akan ditampilkan beberapa opsi pilihan reset. Pilih opsi “Erase All Content and Settings”.
  5. Masukkan kode keamanan atau sandi yang sebelumnya telah kamu atur.
  6. Setelah  muncul konfirmasi reset, klik “Erase iPhone” untuk melanjutkan proses pengaturan ulang.
  7. Sistem akan memulai melakukan proses penghapusan semua data dan pengaturan perangkat.
  8. Tunggu hingga proses penghapusan selesai dilakukan.
  9. Jika tindakan factory reset yang kamu lakukan berhasil, semua data yang sebelumnya tersimpan di dalam memori internal akan terhapus, dan juga beberapa pengaturan yang sebelumnya telah kamu atur akan kembali seperti setelan pabrik.
  10. Lakukan kembali konfigurasi perangkat, sepertihalnya ketika kamu baru membeli perangkat iPhone baru.

4. Melakukan update OS

Adanya penggunaan sistem operasi iOS versi lama, dapat menjadi salah satu penyebab layar iPhone menjadi tidak bisa disentuh. Oleh sebab itu, melakukan update atau pembaruan sistem operasi iOS pada perangkat iPhone milikmu menjadi tindakan perbaikan yang harus kamu lakukan.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan update sistem operasi iOS pada iPhone:

  1. Sebelum melakukan update sistem operasi iOS, pastikan terlebih dahulu perangkat iPhone telah terhubung dengan jaringan internet  yang stabil
  2. Buka aplikasi “Pengaturan”
  3. Klik pada menu pilihan “Umum”..
  4. Di dalam menu “Umum”, ketuk opsi “Pembaruan Perangkat Lunak”.
  5. Klik opsi “Unduh dan Pasang”, jika ada pembaruan yang tersedia.
  6. Masukkan kode keamanan atau sandi jika diminta.
  7. Proses pengunduhan sistem operasi iOS dengan versi terbaru akan dimulai.
  8. Setelah unduhan selesai, klik “Instal Sekarang” guna memulai proses penginstalan.
  9. Tunggu hingga proses penginstalan selesai, dan perangkat iPhone akan melakukan restart secara otomatis.

5. Melakukan service atau penggantian layar

Jika dengan menerapkan beberapa cara perbaikan di atas, layar iPhone tetap tidak dapat berfungsi dengan optimal, mau tidak mau kamu harus melakukan tindakan service untuk mengganti komponen layar sentuh yang baru. Kamu dapat melakukannya melalui gerai resmi service iPhone (iBox) atau bengkel handphone yang terpercaya.

Penutup

Itulah sekilas informasi mengenai bagaimana cara memperbaiki layar HP iPhone yang tidak dapat disentuh yang dapat penulis sajikan. Semoga dengan mengaplikasikan beberapa tindakan perbaikan yang telah disebutkan di atas, permasalahan layar pada perangkat iPhone yang kamu miliki dapat segera teratasi. Terimakasih telah membaca….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *