Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Xiaomi

Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Xiaomi

Layaknya pada sebuah perangkat smartphone pada umumnya, berbagai permasalahan juga kerap kali dialami oleh para pengguna smartphone merk Xiaomi. Dari mulai permasalahan  yang terjadi pada komponen hardware maupun software, mengetahui cara untuk memperbaiki adanya permasalahan tersebut menjadi hal penting untuk diketahui oleh pengguna, agar dapat melakukan tindakan perbaikan secara mandiri.

Dari sekian banyak permasalahan yang dialami oleh para pengguna smartphone dengan merk Xiaomi, salah satu permasalahan yang kerap kali dialami oleh para pengguna smartphone dengan merk tersebut adalah lambatnya pengisian daya. Terjadinya permasalahan berupa pengisian daya baterai yang lambat tentu menjadi sebuah permasalahan yang cukup serius, mengingat baterai merupakan sumber daya utama agar perangkat dapat dihidupkan dan digunakan.

Bagi kamu para pengguna smartphone dengan merk Xiaomi yang mengalami permasalahan berupa pengisian daya baterai yang lambat, pada kesempatan kali ini hanson.co.id akan menyajikan sebuah artikel yang akan mengulas lengkap mengenai bagaimana cara mengatasi pengisian daya yang lambat pada Xiaomi yang dapat kamu gunakan sebagai sebuah bahan referensi pembelajaran, agar kamu dapat melakukan tindakan perbaikan secara mandiri.

Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Xiaomi

Cara Mengatasi Pengisian Daya Lambat Xiaomi

Berikut ini adalah beberapa tindakan pemeriksaan dan perbaikan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi pengisian daya yang lambat pada perangkat smartphone Xiaomi:

1. Melakukan pemeriksaan perangkat charger

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan jika ponsel Xiaomi yang kamu kamu gunakan mengalami permasalahan berupa terlalu lambat dalam melakukan pengisian daya adalah melakukan pengecekan pada perangkat charger yang terdiri dari kabel dan juga kepala charger.

Coba periksa pada kedua komponen tersebut apakah terjadi kerusakan, seperti kabel charger yang putus atau lain sebagainya. Agar dapat lebih memastikan jika permasalahan lambatnya pengisian daya pada ponsel Xiaomi milikmu dikarenakan adanya kerusakan pada perangkat charger, kamu dapat mencoba untuk mengganti komponen yang terindikasi rusak,  atau menggunakan perangkat charger dari perangkat smartphone lainnya.

Membersihkan lubang port USB pada kepala charger mungkin juga menjadi sebuah tindakan yang perlu untuk kamu lakukan. Adanya kumupulan debu atau kotoran yang ada di dalam lubang port USB pada kepala kabel juga dapat menyebabkan pengisian daya baterai menjadi lama, karena supply listrik yang masuk ke dalam kepala charger menjadi terhambat.

2. Mematikan perangkat saat dalam posisi pengisian daya

Sudah menjadi sebuah hal yang umum, banyak orang yang tetap menghidupkan atau bahkan menggunakan perangkat ponsel yang mereka miliki, meskipun sedang dalam melakukan pengisian daya. Jika hal tersebut juga  sering kamu lakukan, tolong berhenti tetap mengoperasikan perangkat di saat melakukan pengisian daya baterai, karena dapat membuat pengisian daya yang kamu lakukan menjadi lebih lama, bahkan juga dapat memicu terjadinya kerusakan pada komponen baterai.

Di saat perangkat ponsel tetap dalam keadaan digunakan di saat proses pengisian daya dilakukan, supplay daya listrik yang masuk ke dalam baterai akan menjadi lebih kecil, karena adanya penjalanan program aplikasi yang tentu saja membutuhkan daya baterai dalam pengoperasiannya.

3. Mengaktifkan mode pesawat

Selain mematikan perangkat, mengaktifkan mode pesawat mungkin juga menjadi sebuah hal yang perlu untuk kamu lakukan, agar pengisian daya baterai smartphone Xiaomi dalam berlangsung lebih cepat. Dengan mengaktifkan mode pesawat, semua koneksi jaringan, seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan sinyal seluler akan otomatis dinonaktifkan. Dengan begitu, daya yang diterima oleh baterai akan lebih banyak dan pengisian daya menjadi lebih cepat.

4. Hindari overcharging

Pengisian yang berlebihan atau overcharging yang terlalu sering juga dapat menjadi penyebab lambatnya pengisian daya baterai pada sebuah perangkat ponsel. Oleh sebab itu, biasakan untuk melakukan pengisian daya sesuai dengan waktu yang seharusnya, tanpa melebihi batas. Segara cabut ponsel ketika indikator pengisian baterai telah menunjukan jika pengisian daya baterai yang kamu lakukan telah penuh 100%.

5. Memberi jeda antar pengisian daya

Meskipun saat ini sebuah perangkat ponsel merupakan salah satu kebutuhan pokok yang mungkin harus selalu hidup di setiap saat, terlalu sering melakukan pengisian daya baterai juga bukan menjadi sebuah tindakan yang baik untuk dilakukan, karena secara tidak langsung dapat menurunkan kesehatan baterai, sehingga membuat baterai ponsel menjadi tidak awet.

Berikan jeda tiap kali ingin melakukan pengisian daya baterai, misalnya setiap 20-30 persen penggunaan baterai. Dengan begitu, baterai akan lebih awet dan pengisian daya menjadi lebih cepat.

6. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Setelah mencoba melakukan beberapa langkah di atas namun belum juga dapat mempercepat waktu pengisian daya baterai pada perangkat smartphone Xiaomi yang kamu miliki. kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Terdapat banyak aplikasi yang tersedia di Play Store yang dapat membantu mempercepat proses pengisian daya baterai, seperti Fast Charging atau Super Charger.

Namun, penting untuk menggunakan aplikasi-aplikasi ini dengan hati-hati dan hanya mengunduhnya dari sumber yang terpercaya. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan mempertimbangkan reputasi aplikasi sebelum menginstalnya ke perangkat Xiaomi milikmu. Selain itu, lakukan penelitian lebih lanjut dan pastikan aplikasi tersebut kompatibel dengan jenis dan merk perangkat yang kamu gunakan sebelum menggunakannya.

 

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan pada perangkat smartphone Xiaomi milikmu yang lambat dalam melakukan pengisian daya. Semoga dengan menerapkan beberapa cara di atas, permasalahan yang terjadi pada perangkat Xiaomi yang kamu miliki dapat segera  teratasi.

Terimakasih telah membaca….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *