Cara Mengatasi Startup Repair Windows 7 Yang Berulang-Ulang

Meski Windows 7 dibekali dengan fitur startup repair yang berfungsi untuk perbaikan ketika pengguna mengalami suatu masalah namun terkadang terjadi repair berulang yang diakibatkan oleh kesalahan sistem OS. Untuk mengatasi hal ini maka Anda perlu mengetahui cara mengatasi startup repair windows 7 yang berulang-ulang agar perangkat Anda tetap bebas dari masalah.

Kehadiran fitur startup repair pada Windows 7 sebenarnya bisa memberikan sejumlah keunggulan bagi penggunanya. Namun jika terjadi masalah repair Windows yang berulang-ulang tentunya akan membuat para pengguna menjadi kesal dan bahkan produktivitasnya pun terganggu akibat tidak bisa masuk ke dalam sistem kerja laptop atau komputer yang dimiliki.

Cara Mengatasi Startup Repair Windows 7 Yang Berulang-Ulang

Bagi Anda yang mengalami permasalahan startup repair Windows 7 mengalami perulangan, beberapa alternatif pilihan cara berikut bisa menjadi pilihan yang patut dicoba untuk mengatasi permasalahan tersebut.

1. Cara Mengatasi Startup Repair Windows 7 Yang Berulang-Ulang Lewat CMD

Cara Mengatasi Startup Repair Windows 7 Yang Berulang-Ulang Lewat CMD

Jika Anda mengalami kondisi startup repair Windows 7 yang berulang-ulang, salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan CHKDSK dengan menggunakan fitur CMD atau Command Prompt yang ada di perangkat Anda.

Untuk melakukan CHKDSK atau pengecekan disk lewat menu CMD ini, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan :

  • Masukkan CD Instalasi Windows 7 yang Anda miliki ke dalam CD Room yang tersedia pada laptop atau komputer Anda. Pastikan bahwa CD Instalasi tersebut merupakan CD Original atau asli dan bukan bajakan.
  • Langkah selanjutnya adalah silakan Anda bisa restart komputer yang Anda miliki dan kemudian boot ke CD tersebut.
  • Jika sudah maka silahkan tekan tombol Repair Your Computer yang berada di bagian bawah.
  • Kalau sudah, silakan tunggu sebentar hingga proses tersebut selesai dilakukan. Kemudian silahkan pilih partisi OS.
  • Langkah selanjutnya adalah silakan klik tool Command Prompt (CMD) dan ketikkan chkdsk c:/f pada kolom perintah Command Prompt tersebut.
  • Silakan Anda bisa menunggu proses scan dan repair tersebut hingga selesai.

Perlu dicatat bahwa untuk proses scanning tersebut memang agak lama. Oleh karena itu ada baiknya agar laptop yang Anda lakukan scanning disk tersebut tetap terhubung ke sumber daya listrik agar tidak terjadi kehabisan baterai secara mendadak.

2. Mematikan Fitur Restart Otomatis Pada Windows 7

Mematikan Fitur Restart Otomatis Pada Windows 7

Salah satu kemungkinan penyebab terjadinya repair windows berulang-ulang pada perangkat Anda adalah karena adanya bug atau masalah pada fitur restart otomatis yang ada di perangkat. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mematikan fitur tersebut dengan cara masuk ke menu Boot Options yang ada di perangkat Anda.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi startup repair windows 7 yang berulang-ulang dengan mematikan fitur restart otomatis di perangkat Anda :

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan restart pada perangkat komputer yang Anda miliki.
  • Ketika perangkat tersebut dalam kondisi melakukan restart, silakan Anda bisa tekan tombol F8 secara berulang agar masuk ke menu Boot Options di perangkat Anda. Note : ada kemungkinan bahwa tombol untuk masuk ke menu Boot Options berbeda antara perangkat yang satu dan lainnya. Ada baiknya jika Anda membaca buku panduan perangkat Anda.
  • Kemudian silakan Anda pilih Disable Automatic Restart on System Failure.
  • Kemudian silahkan tekan Enter dan perangkat Anda pun akan melakukan Restart untuk menyimpan perubahan pengaturan tersebut. Silakan tunggu hingga proses restart tersebut selesai dilakukan.

3. Membuat Ulang BCD Pada Perangkat Anda

Membuat Ulang BCD Pada Perangkat Anda

Penyebab permasalahan lain yang bisa membuat perangkat Windows 7 Anda mengalami Startup repair Windows secara berulang adalah karena adanya BCD yang bermasalah di perangkat tersebut. Jika demikian maka Anda bisa memperbaiki BCD menggunakan perintah Command Prompt dengan cara mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini :

  • Langkah pertama adalah dengan memasukkan CD Instalasi Windows 7 yang Anda miliki.
  • Kemudian Anda perlu melakukan restart komputer dan kemudian melakukan boot ke CD instalasi yang sudah terpasang tersebut.
  • Jika sudah, silakan Anda bisa tekan tombol Repair Your Computer yang berada di bagian bawah layar Anda.
  • Kemudian silahkan tunggu prosesnya sebentar dan kemudian silahkan pilih Partisi OS.
  • Langkah berikutnya adalah dengan klik pada tool Command Prompt.
  • Jika sudah silakan ketikkan bootrec /fixmbr.
  • Lalu ketik bootrec / fixboot
  • Kemudian ketikkan kembali bootrec / rebuildbcd
  • Jika sudah silahkan tunggu hingga proses tersebut berjalan dan selesai dilakukan pada perangkat yang Anda miliki.

Sangat penting untuk diperhatikan agar Anda memasukkan perintah pada Command Prompt tersebut secara berurutan agar proses pembenahan dapat dilakukan. Jika Anda ingin menutup menu program CMD tersebut silakan ketikkan exit dan kemudian tekan Enter.

Demikianlah ulasan rekomendasi HANSON mengenai cara mengatasi startup repair windows 7 yang berulang-ulang yang perlu Anda ketahui. Sebagai tambahan, jika permasalahan Anda tidak kunjung terselesaikan, ada baiknya jika membawa perangkat tersebut ke tempat servis atau melakukan install ulang OS dengan yang baru.