Langkah Tepat, Cara Mengatasi USB Samsung Tidak Terbaca Di Komputer

Dalam cara mengatasi USB Samsung tidak terbaca di komputer memang terbilang susah dan gampang karena sebelum mengatasi Anda harus mengetahui apa penyebab dari masalah tersebut. Jadi Anda harus bisa mengidetifikasi kenapa USB tersebut tidak bisa terbaca atau terhubung di komputer. Seperti yang Anda ketahui bahwa kegiatan transfer file melalui USB sangat penting.

Peran USB untuk transfer file maupun data adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang pekerjannya menggunaka komputer. Dan dengan USB akan berperan sebagai penghubung dan mengkoneksikan HP Anda dengan komputer tersebut untuk mentransfer data dengan cepat. Namun bagaimana jika USB tidak bisa terbaca di komputer? Simak ulasan berikut ini cara mengatasinya.

Berikut Adalah Cara Mengatasi USB Samsung Tidak Terbaca Di Komputer

Informasi lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini dalam mengatasi mengapa USB Samsung tidak terbaca di komputer.

1. Mengecek Kondisi USB

cara mengatasi USB Samsung tidak terbaca di komputer - Mengecek Kondisi USB

Sebelum Anda mengatasi USB yang tidak bisa tersambung atau trebaca di komputer maka sebelum itu lakukan pengecekan pada kondisi kabel USB yang digunakan untuk mengkoneksikan HP Samsung tersebut ke komputer. Karena bisa saja penyebab USB tidak terbaca adalah adanya putus pada kabel di bagian dalamnya, jadi saat menghubungkan pasti akan sulit terbaca di komputer.

Tidak hanya itu Anda harus juga mengecek kondisi port USB pada komputer dan HP tersebut apakah sudah bersih dan bebas dari debu. Jika port USB terlihat kotor dan berdebu maka Anda bisa membersihkan cukup dengan Cutton Buds atau kapas tipis secara hati – hati dan jangan sekali – kali melakukan pembersihan dengan menggunakan air.

2. Dengan Memeriksa Driver USB Pada Komputer

cara mengatasi USB Samsung tidak terbaca di komputer - Driver USB

Cara mengatasi USB Samsung tidak terbaca di komputer selanjutnya dengan melakukan pemeriksaan kondisi pada driver USB Samsung untuk komputer. Saat USB ponsel Anda Tidak bisa terhubung atau terbaca kemungkinan masalahnya bukan terjadi pada ponsel tersebut melainkan pada komputer yang digunakan.

Nah maka dari itu Anda harus melakukan update USB driver pada komputer  dengan cara masuk ke menu Device Manajer, berikut adalah langkah – langkahnya.

  • Cara yang dilakukan cukup mudah, yaitu langkah pertama masuklah ke menu Start di komputer kemudian bisa pilih menu Control Panel dan setelah itu masuk ke menu System and Security.
  • Kemudian Anda bisa memilih System dan selanjutnya pada menu bagian kiri pilih Device Manager.
  • Setelah Anda sudah berada pada jendela Device Manager lalu pilihlah Unknown Device lalu klik kanan pilih opsi
  • Langkah selanjutnya pada jendela tersebut pilihlah opsi Driver dengan mengeklik Update Driver dan pilih perintah “Browse My Computer For Driver Software” lalu klik Next.
  • Setelah itu masih berada pada jendela tersebut lanjutkan dengan memilih perintah “Let Me Pick From A List Of Driver Software On My Computer” dan lanjutkan dengan klik
  • Langkah berikutnya pilih opsi Show All Drivers dengan klik next untuk menampilkan daftar beberapa driver yang sudah tersedia di
  • Terakhir Anda bisa memilih salah satu sebagai alternatif pengganti USB yang bermasalah tersebut.

3. Lakukan Restart Komputer Saat Masih Terkoneksi Dengan USB

Restart Komputer

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan dalam cara mengatasi USB Samsung tidak terbaca di komputer adalah dengan melakukan restart pada komputer yang digunakan. Anda bisa melakukan cara tersebut saat masih dalam keadaan terhubung dengan USB dan ponsel Samsung Anda. Dengan melakukan cara tersebut maka Anda melakukan booting untuk mendeksi perangkat yang terhubung.

Selain itu tujuan dari restart komputer juga supaya perangkat HP Anda mudah dikenali oleh sistem komputer dan diharapkan USB terbaca dengan mudah.

4. Lakukan Pemeriksaan Pada Pengaturan HP Samsung Anda

Salah satu penyebab USB HP Samsung sulit terbaca mungkin karena debug USB di HP Samsung tersebut belum Anda atur pengaturannya. Untuk Anda yang memiliki Ponsel Samsung dengan keluaran terbaru berikut adalah langkah pengaturannya.

  • Langkah pertama Anda bisa masuk ke menu Setting dan pilih tentang perangkat.
  • Setelah itu pilihlah info tentang perangkat lunak dan klik pada nomor versi beberapa kali untuk memunculkan menu pilihan pengembang.
  • Selanjutnya Anda bisa kembali ke menu awal setting dan pilih opsi tentang perangkat.
  • Selanjutnya Anda bisa memilih opsi info perangkat lunak dan klik pada nomor versi beberapa kali untuk memunculkan menu pilihan pengembang.
  • Dan setelah itu Anda bisa kembali ke menu awal setting, maka nanti pasti menemukan menu baru di bagian paling bawah yaitu pilihan pengembang.
  • Lalu langkah terakhir Anda bisa menyalakan menu opsi debugging mode pada menu mendebug USB. Dan cara tersebut akan bisa mengatasi USB Samsung yang tidak bisa terbaca di komputer.

Demikianlah beberapa rekomdasi HANSON.CO.ID tentang cara mengatasi USB Samsung tidak terbaca di komputer yang bisa Anda terapkan beberapa langkah diatas. Terima kasih dan selamat mencoba semoga bisa berhasil.