Inilah Cara Download Resetter Printer Epson L120 Terbaru

Tahukah, kamu? Download resetter printer epson L120 diperlukan ketika mesin cetak tercintamu itu sedang menemui sejumlah masalah sehingga tidak bisa mencetak halaman-halaman yang diinginkan. Entah apa penyebabnya, yang jelas tanda-tandanya seperti “it is nearly time to reset the ink levels”, “service required”, dan masih banyak lagi.

Masalah eror ini tentu merupakan perkara yang menyebalkan. Terlebih ketika mengingat alasan utama kamu membeli printer ialah sebagai bentuk investasi jangka panjang. Alias ya tidak perlu repot-repot lagi pergi ke luar rumah untuk sekadar mencetak dokumen. Belum lagi betapa besarnya jumlah penghematan yang bisa diperoleh dari memiliki printer.

Maka itu, di artikel ini kami akan menjelaskan secara gamblang bagaimana cara mengatasi error pada printer Epson L120. Yang tentunya pembahasan akan lebih komprehensif dengan membahas printer Epson L120 itu sendiri, penyebab terjadinya kegalatan, hingga ke tahap bagaimana cara download resetter printer Epson L120.

Mengenal apa itu printer Epson L120

Download Resetter Printer Epson L120

Printer Epson L120 merupakan salah satu mesin cetak yang penggunaannya begitu populer di masa kini. Selain karena faktor harganya yang murah, yang hanya dibanderol seharga Rp1,4 juta, mesin cetak tersohor ini dapat menghasilkan cetakan sebanyak 8,5 lembar kertas untuk tiap menitnya.

Karakteristik fisiknya juga tak kalah menakjubkan. Lekuk tubuhnya yang begitu ramping dengan ukuran pas membuatnya tidak memakan banyak tempat. Dengan ukuran tubuh sebesar itu, printer Epson L120 diketahui dapat menampung empat cartridge sekaligus secara terpadu!

Apa Saja Penyebab Error pada Printer Epson L120?

Seperti yang kamu tahu, tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk pula printer Epson L120, yang sebagaimana kita ketahui, menawarkan berbagai keunggulan yang menakjubkan. Maka itu ‘kan, kamu tenggelam dalam artikel ini; karena ingin mencari tahu mengapa bisa, printer mu kedapatan pesan “Ink waste is full”, “service required”, dan masih banyak lagi.

Nah, kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena di artikel ini kamu akan segera mengetahui apa saja penyebab error pada printer Epson L120 tercinta. Atau lebih tepatnya, komponen apa saja yang kehadirannya menghambat kinerja mesin cetakmu? Dengan ini kamu pun bisa menjadikan bacaan ini sebagai referensi untuk melakukan pengecekan lebih awal.

Tabung Tinta

Hati-hati! Memang tidak ada yang melarangmu untuk mencetak berapa banyak dokumen. Namun setidaknya kamu harus memperhatikan jumlah tinta yang kamu keluarkan secara rutin. Jangan sampai tabung tintamu dibiarkan tidak berisi, karena bisa membuat printer Epson L120 mu error. Bersegeralah untuk melakukan pengisian ulang.

Susunan komponen dalam mesin cetak, terutama tabung tinta juga harus diperhatikan. Pastikan tabung tinta sudah diletakkan dengan rapi. Jangan sampai selang penghubung terjepit di antara komponen lain atau macet.

Cartridge

Berlaku pula untuk cartridge; tidak boleh kemasukan benda-benda asing, seperti sobekan kertas misalnya. Tidak boleh pula kedapatan kotoran atau tinta, usahakan selalu menghapus sisa tinta secara rutin agar tidak merusak printer secara keseluruhan.

Roller

Bukan penutup printer dan pastikan roller tidak macet yang disebabkan oleh adanya kertas atau serpihan kertas (paper jam) yang terjepit didalamnya.

Tabung Pembuangan Sisa Tinta – Faktor lain yang juga dapat menyebabkan printer berkedip adalah karena tabung pembuangan sisa tinta sudah penuh. Bila memungkinkan, silahkan sedot semua sisa tinta yang ada di dalamnya sampai kering / bersih.

Kabel USB

Poin ini termasuk yang lumrah terjadi dan biasanya dilihat pertama kali. Pokoknya, pastikan saja kabel USB sudah terhubung ke komputer dengan baik. Pastikan pula menggunakan kabel USB yang masih bisa berfungsi dengan optimal.

Saatnya Mereset Printer Epson L120!

Sudah mengecek kesalahan tapi printer belum kunjung membaik? Eits, enggak perlu khawatir! Kamu bisa kok pakai cara lain; mereset printer secara total, baik secara manual maupun download resetter printer epson L120.

Bagaimana Cara Reset Printer L120 Secara Manual?

Adalah cara paling praktis yang bisa kamu lakukan ketika mesin cetak tercintamu sedang macet. Intinya, kamu memulihkan printer mu dengan langkah-langkah fisik, tidak menggunakan software, yang ditunjukkan sebagai berikut.

  1. Lepaskan kabel daya printer selama beberapa menit.
  2. Sambungkan kembali kabel daya ke stop kontak kemudian nyalakan saja printer mu.
  3. Tekan dan tahan tombol Resume sebentar lalu lepaskan. Lakukan sebanyak dua kali.
  4. Printer Epson L120 akan mereset sendiri secara otomatis.
  5. Tanda reset printer mu berhasil adalah menyalanya indikator oranye.
  6. Cek saja kinerja printer mu dengan mencetak dokumen secara langsung.

 

Cara Download Resetter Printer Epson L120

Sudah reset printer secara manual namun tak kunjung berhasil? Oke, selanjutnya coba download resetter printer Epson L120, ya. Melalui link sebagai berikut ini

Download

Usai Download, Maka Langkah Berikutnya yang Harus Kamu Lakukan adalah Menggunakan Resetter Printer Epson L120

  1. Tekan dua kali tombol mouse pada icon Adjprog.exe atau klik kanan kemudian pilih “run as administrator”.
  2. Tekan tombol “Select” kemudian pilih “Epson L120” pada opsi “Model Name”. Namun jika menggunakan port USB, disarankan untuk memilih “Auto Selection”. Jika sudah, tekan tombol “OK”.
  3. Tekan tombol “Particular Adjustment Mode” kemudian pilih “Waste ink pad counter” lalu tekan tombol “OK”.
  4. Berikutnya, isi centang pada kotak “Main pad counter” dan lalu tekan saja tombol “Check”.
  5. Isi kembali “Main pad counter” dengan centang lalu lanjutkan dengan mengklik Initialization. Tunggu saja hingga reset usai.
  6. Akan terpampang jelas di layar komputer sebuah pesan bertuliskan “Please Turn On dan Turn Off your printer”. Matikan saja printermu kemudian hidupkan kembali.
  7. Akhiri langkahmu dengan memeriksa lampu indikator. Jika tidak berkedip lagi, berarti printer sudah tereset dengan baik. Kamu pun bisa menggunakan printermu lagi!

Masih Gagal Reset Printer? Coba Lakukan Beberapa Hal Ini!

Wah, ternyata printer Epson L120 kepunyaanmu masih berkedip? Ini tandanya masih ada masalah dalam printer mu, yang artinya kamu perlu lagi cek komponen-komponennya. Biar kamu enggak kebingungan, coba deh lakukan ini:

  1. Cek lagi cartridge printer mu. Lihat, apakah masih ada tinta di dalamnya. Jika benar demikian, bersihkan sampai tak ada noda satupun.
  2. Posisikan cartridge pada tempatnya, jangan sampai yang hitam dan warna saling tertukar.
  3. Hapus bersih busa tempat cartridge sampai kering.
  4. Letakkan selang tinta serapi mungkin, jangan sampai menghalangi lalu lintas cartridge.
  5. Hisap tinta di dalam tabung pembuangan sampai tak bersisa sedikit pun.
  6. Lepaskan kabel daya dari stop kontak selama beberapa menit lalu langsung reset saja printer Epson L120 mu.
  7. Cek, apakah roller terhalang oleh benda asing atau tidak.

Demikianlah cara mengatasi error pada proses pencetakan dokumenmu di printer Epson L120. Jika printer mu masih belum berjalan dengan baik, cobalah untuk membawanya ke tempat service terdekat, ya!