Klasifikasi Jamur

Klasifikasi Jamur

Saat ini telah dikenal lebih dari 60.000 jenis jamur. Jamur diklasifikasikanberdasarkan cara reproduksinya menjadi tiga divisi, yaitu Zygomycota,Ascomycota, dan Basidiomycota.

Zygomycota

Zygomycota memiliki anggota sekitar 600 spesies. Genus Zygomycetesyang terkenal adalah Rhizopus oryzae. Jamur ini biasa dipergunakan untukmembuat tempe dan merupakan jamur hitam yang biasa tumbuh pada roti.Contoh spesies lain dari divisi ini, antara lain Mucor sp. dan Pilobolus sp.Siklus hidup dari jamur Rhizopus stolonifer yang tumbuh pada roti,memperlihatkan siklus seksual dan aseksual Zygomycota. Hifa haploid dariZygomycota tampak serupa, tetapi sebenarnya memiliki cara perkawinanyang berbeda.

Pada tipe perkawinan seksual, terjadi penggabungan dua nukleusmemproduksi zigospora yang diploid. Struktur yang memiliki ketahananterhadap lingkungan ekstrim ini menyebar melalui udara dan tetap beradadalam keadaan istirahat (dorman) sampai menemukan tempat yangmemungkinkan untuk tumbuh. Zigospora kemudian melakukan meiosis danmembentuk sporangium yang berisi spora haploid. Spora haploid membentukhifa baru. Hifa ini dapat berkembang biak secara aseksual dengan membentukspora haploid atau melakukan perkawinan dengan membentuk zigospora.

Ascomycota

Ascomycota terdiri atas sekitar 30.000 spesies. Ascomycota disebut jugasac fungi. Diberi nama sac fungi karena memproduksi spora dari bagianreproduksi seksual yang berbentuk seperti kantung (sac). BeberapaAscomycota hidup di dasar hutan yang berhumus tebal dan membentukstruktur reproduktif berbentuk mangkuk yang indah.

Siklus hidup Ascomycota terjadi secara seksual maupun aseksual.Reproduksi aseksual dilakukan denganmembentuk konidia yangmerupakan hasil pembelahan ujung hifa. Ujung hifa membentukkonidiospora yang akan menghasilkan konidia. Konidia mampu membelahsecara mitosis membentuk tunas baru.

Perkembangbiakan secara seksual terjadi dengan peleburan intiaskogonium. Peleburan ini menghasilkan hifa diploid (2n) dan ujung hifaakan membentuk tubuh buah (askokarp).

Divisi ini terdiri atas banyak jamur berwarna-warni yang tumbuh padamakanan, merusak buah, tanaman ladang, dan tumbuhan lain. BeberapaAscomycota menyekresikan enzim selulase dan protease yang dapat merusakkain katun dan kain wool, terutama di tempat yang hangat dan lembap.

Keadaan lingkungan tersebut dapat membuat jamur tumbuh dengan baik.Akan tetapi, Ascomycota juga membawa keuntungan bagi tumbuhanmelalui hubungan mutualisme dengan akar tanaman. Jamur Neurospora, diJawa Barat dikenal sebagai jamur oncom untuk membuat oncom. Aspergilluswentii digunakan untuk mengubah amilum dan selulosa menjadi glukosadalam pembuatan kecap dan tauco.Claviceps purpurea, salah satu jamur anggota divisi Ascomycota, dapatmenyerang tumbuhan dan memproduksi struktur yang disebut ergot. Strukturini melepaskan mineral beracun yang salah satu bahan aktifnya adalah lysergicacid diethylamide (LSD). Jika zat halusinogen ini termakan oleh manusia, dapatmenyebabkan orang tersebut tertawa terbahak-bahak, mengalami halusinasi,dan akhirnya mengalami kematian. Saccharomyces sp. (ragi) yang mengubahglukosa menjadi alkohol, serta Penicillium notatum termasuk anggota divisi ini.

Basidiomycota

Divisi Basidiomycota beranggotakan sekitar 25.000 spesies. Jamur inimudah dikenal karena umumnya memiliki tubuh buah seperti payung.Walaupun sebagian jamur divisi ini dapat dikonsumsi, beberapa jamur dapatpula mematikan. Beberapa anggota dari genus Amanitamengandung racun yang sangat mematikan. Beberapa jenis Basidiomycotajuga dapat membahayakan tumbuhan, misalnya menyebabkan kematian padatanaman ladang. Contoh Basidiomycota lainnya, yaitu Auricularia polytricha(jamur kuping), Volvariella volvaceae (jamur merang), dan Ganoderma.

Basidiomycota umumnya melakukan reproduksi secara seksual dalamsiklus hidupnya. Basidiomycota melakukan konjugasi dalam kondisi yangmenguntungkan dan membentuk miselium. Di bagian bawahnya terdapatbentuk seperti insang yang memproduksi sel diploid yang disebut basidia.Basidia membentuk basidiospora melalui meiosis dan melepaskan miliaranbasidiospora ke udara atau ke air.

About the Author: cs_hansoncoid

You might like