Don't Show Again Yes, I would!

Oli Untuk Mobil LCGC Terbaik Rekomendasi Otoklix

Oli mobil LCGC menjadi hal vital bagi mesin karena berfungsi melumasi mesin agar tidak aus. Oleh sebab itu, jangan sembarangan memilih oli mobil, baik oli mobil LCGC ataupun oli mobil non-LCGC.

Mobil LCGC memang identik dengan kendaraan ramah lingkungan dan efisien. Agar performa mobil tetap baik, dibutuhkan oli LCGC berkualitas. Berikut rekomendasi oli LCGC yang bisa OtoFriends pilih.

Rekomendasi Oli mobil LCGC

Ada banyak oli mobil LCGC yang beredar di pasaran. OtoFriends bisa memilih oli mobil LCGC sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Berikut daftarnya.

1.    Fuchs Titan GT1 Pro Flex SAE 5W-30 

Titan GT 1 Pro Flex 5W-30 adalah pelumas mesin dengan kinerja premium yang didesain dengan teknologi baru – XTL yang memberikan kinerja optimum pada saat mesin berada di kondisi suhu start awal yang rendah dan akan terus memberikan kinerja tertinggi untuk penggunaan jangka panjang. Teknologi XTL juga terbukti dapat menghemat konsumsi bahan bakar sehingga lebih ekonomis.

2.       Top 1 HP Sport Fully Synthetic SAE 0W-20

Pelumas Top 1 HP Sport Fully Synthetic SAE 0W-20 memiliki bahan dasar full sintetik dengan molekul yang stabil. Oli mobil LCGC ini bisa memberikan performa maksimal sekaligus masa pakai yang tahan lama. 

Selain itu, oli ini mengandung Xtra Clean Additives. Fungsinya untuk melindungi mesin agar tetap bersih ketika digunakan di berbagai kondisi. Selain itu, kandungan Xtra Clean Additives juga mencegah partikel kotoran saling melekat, serta membersihkan mesin sampai ke celah terkecil.

Top 1 HP Sport Fully Synthetic SAE 0W-20 juga sudah lulus uji kelayakan ILSAC GF-5. Pelumas ini dibanderol mulai dari Rp320 ribu.

3.    Pertamina Fastron Gold 0W-20 

Oli mobil LCGC merek Pertamina Fastron Gold 0W-20 sudah memenuhi standar API SN dan ILSAC GF-5. Pelumas tersebut mampu melindungi mesin dan hemat bahan bakar. 

Pertamina Fastron Gold 0W-20 juga dapat memberikan ketahanan yang baik terhadap oksidasi dan panas dari mesin. Dengan demikian, umur oli lebih panjang dan mobil bisa bekerja dengan baik di berbagai kondisi. Untuk mendapatkan oli mobil LCGC ini, OtoFriends bisa menganggarkan budget sekitar Rp338 ribu.

4.    Top 1 Zenzation

Dibanderol Rp300 ribuan, oli mobil LCGC merek Pelumas Top 1 Zenzation memiliki berbagai kelebihan. Di antaranya usia pakai oli yang lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi, mampu melindungi mesin dengan baik, serta hemat bahan bakar.

5.    Total Quartz 8000 SAE 0W-20

Total Quartz 8000 SAE 0W-20 sudah terakreditasi spesifikasi API Service SN dan ILSAC GF-5. Oli mobil LCGC tersebut diformulasikan khusus untuk kompatibel dengan mesin yang membutuhkan oli viskositas rendah.

Ditunjang teknologi Total Fuel Economy Homologated, oli tersebut bisa membuat mesin lebih efisien dengan performa maksimal. Harga oli mobil LCGC ini dibanderol mulai dari Rp290 ribu.

6.    Total Oil Quartz  SAE 0W-20

Bagi mesin mobil yang membutuhkan oli dengan viskositas rendah, Total Oil Quartz  SAE 0W-20 bisa dipilih. Pelumas tersebut sudah memenuhi standar API Service SN dan lulus uji coba ILSAC GF-5. Selain itu, oli mobil LCGC tersebut juga dilengkapi teknologi Total Fuel Economy Homologated. OtoFriends bisa membawa pulang oli tersebut dengan harga mulai dari Rp66 ribu.

7.    Eneos Motor Oil 0W20 SN 1LT

Dengan menjaga penggunaan oli seperti melakukan pergantian berkala serta memilih oli dengan kualitas terbaik maka sama saja menjaga umur mesin. Eneos Motor Oil 0W20 SN 1LT bisa menjadi pilihan bagi pengguna mobil LCGC. Pelumas tersebut dapat menjaga umur mesin lebih lama. Di pasaran, oli tersebut dibanderol mulai dari Rp80 ribu.

8.   TMO Toyota Motor Oil Eco Power 0W-20 

TMO Toyota Motor Oil Eco Power 0W-20 dibekali teknologi synergetic addictive technology dan teknologi viscosity modifier. Selain dapat meningkatkan performa mesin, oli ini juga mampu melindungi mesin saat pertama kali dinyalakan. Harga TMO Toyota Motor Oil Eco Power 0W-20 mulai dari Rp80 ribu.

9.   Shell Helix Exo

Pelumas Shell Helix Eco memiliki tingkat kekentalan ganda yang dapat membantu membersihkan mesin dan memberikan performa terbaik. Ada dua jenis pelumas mesin mobil sintetis Shell Helix ECO, yakni Shell Helix ECO Full Syn 0W-20 dan Shell Helix ECO Semi Syn 5W-30.

Kedua produk tersebut memiliki formula Active Cleansing Technology. Fungsinya adalah membersihkan mesin dari endapan kotoran yang mengganggu performa mesin. Oli mobil LCGC ini  sudah memenuhi standar ILSAC GF-5 yang hemat bahan bakar dan emisi gas buang. OtoFriend bisa mendapatkan oli ini dengan harga mulai dari Rp250 ribu.

Perbedaan oli mobil LCGC dan non-LCGC

Dari segi fungsi maupun kemampuan, baik oli mobil LCGC maupun non-LCGC sama saja. Namun, mesin LCGC disarankan menggunakan oli jenis encer dengan angka SAE 0W-20. Oli mobil LCGC dan non LCGC sama-sama memiliki lapisan film untuk menghindari keausan akibat gesekan. Selain itu, kedua jenis oli tersebut juga dapat meredam panas dan membersihkan mesin.

Secara teknis, terdapat perbedaan daya tahan oli mesin terhadap kerja mesin itu. Misalnya, mesin Toyota Calya 1.2 dengan mesin Toyota Raize 1.2 menggunakan oli mesin 0W-20.Konstruksi mesin sama-sama ringkas dan teknologi juga terbaharui dengan celah komponen rapat. Namun, beban kerja dan kompresi mesin berbeda. Mesin mobil Calya berorientasi ke efisiensi bahan bakar, sementara mesin mobil Raize untuk mengoptimalisasi performa.

Tips penggunaan oli pada mobil LCGC :

Dalam menggunakan oli, pastikan menggunakan pelumas sesuai standar kekentalan rekomendasi pabrikan. Hal itu bisa dilihat di buku pedoman pemilik kendaraan.

Untuk mobil murah atau LCGC, disarankan menggunakan grade oli SAE 0W-20, 5W-30 dan 10W-30. Apabila pemilik kendaraan memilih SAE 10W-30 atau viskositas oli mesin yang lebih tinggi dalam temperatur sangat rendah, mesin mobil akan sulit dihidupkan.

Pilihlah oli mesin SAE 0W-20 dan 5W-30 agar mesin mudah dihidupkan. Sebab, 0W-20 memiliki kemampuan start lebih mudah ketika cuaca dingin. Apabila pemilik mobil tidak menggunakan oli sesuai grade yang direkomendasikan, oli tersebut rentan tidak bersirkulasi dengan baik. Akibatnya, oli tidak bisa melumasi mesin secara maksimal sehingga terjadi keausan komponen.

Itulah penjelasan mengenai berbagai merek oli mobil LCGC beserta tips penggunaannya. Apabila OtoFriends ingin ganti oli, booking online lewat aplikasi Otoklix bisa dijadikan pilihan. Selain bebas antri, service di bengkel kategori OtoSelect juga bergaransi 30 hari setelah pengerjaan.

Segera unduh aplikasi Otoklix yang tersedia di Appstore maupun Playstore. Melalui aplikasi booking service Otoklix, Otofriends akan lebih mudah menemukan bengkel terdekat dari lokasi Otofriends berada. Harga transparan karena diberi tahu di awal booking. 100% refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Share: