Baru Diisi Tapi Cepat Habis ? Ini 6 Penyebab Baterai HP Cepat Habis yang Harus Diketahui

Pengguna handphone pasti sering menjumpai berbagai macam masalah yang terjadi pada HP yang digunakan. Seperti HP yang cepat panas dan baterai yang mudah habis, padahal handphone yang digunakan memiliki daya 4.000 hingga 5.000 mAh. Terdapat beberapa penyebab batrai HP cepat habis, misalnya dari penggunaan handphone yang terlalu lama dan tanpa henti.

Karena handphone juga perlu mempunyai jeda waktu penggunaan, jika tidak diberi jeda penggunaan, dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap usia baterai. Maka pengguna harus memperhatikan hal apa saja yang dapat menyebabkan baterai HP cepat terkuras habis saat dipakai. Berikut ini adalah penyebab baterai HP terkuras dengan cepat tanpa disadari:

1. Aplikasi Menguras Baterai

Permasalahan penyebab batrai HP cepat habis yang pertama, ialah menggunakan aplikasi yang berpotensi menguras baterai dengan cepat. Menggunakan aplikasi untuk bermain game online ataupun untuk menonton video, mampu membuat baterai HP habis dalam waktu singkat. Usahakan untuk memberi jeda beberapa saat pada HP saat menggunakannya untuk bermain game online maupun menonton video memakai aplikasi.

2. Intensitas Cahaya Tinggi

Menambah penggunaan intensitas cahaya menjadi lebih terang, tentu saja dapat menguras penggunaan masa baterai. Karena dengan meningkatkan intensitas cahaya pada handphone, membuat HP bekerja lebih berat, sehingga masa pakai baterai menjadi lebih singkat. Jangan terlalu sering menggunakan handphone pada intensitas cahaya yang tinggi, jika perlu gunakan dark mode pada HP.

3. Jaringan Lemah

Siapa sangka jika handphone mendapatkan kualitas jaringan yang tidak baik? Hal ini mampu menyebabkan baterainya cepat habis. Hal tersebut disebabkan karena handphone akan berusaha lebih keras demi mendapatkan jaringan yang lebih kuat.

Bahkan bisa menjadikan lebih baik dari sebelumnya. Sebaiknya, ketika melakukan kegiatan yang tidak menggunakan data seluler, pengguna tidak perlu menghidupkan data seluler jika jaringan kurang stabil sebab akan menguras daya.

4. Charger Bukan Original

Ternyata, menggunakan charger yang bukan bawaan asli dari handphone yang digunakan, mampu memengaruhi kualitas HP tersebut. Ketika menggunakan charger yang bukan original dari handphone tersebut, menjadikan pengisian daya kurang maksimal. Biasakan menggunakan aksesoris handphone sesuai dengan model dan merek asli dari HP yang dipakai.

5. Menggunakan Banyak Aplikasi

Menggunakan berbagai macam aplikasi di waktu yang hampir sama, mampu menghabiskan baterai HP secara cepat. Karena handphone menjadi bekerja lebih keras serta baterai yang merupakan tenaga utama pada HP menjadi lebih cepat habis. Tutup aplikasi yang tidak terlalu diperlukan, demi menghindari pemborosan penggunaan baterai pada handphone.

6. Menggunakan Saat Pengisian Daya

Sering kali ketika sedang asik menggunakan handphone, ternyata baterai HP sudah lemah. Tak jarang banyak orang menggunakan HP ketika sedang diisi dayanya, tanpa sadar hal tersebut berpengaruh pada baterai. Sebab, pengisian baterai tidak maksimal, HP pun menjadi cepat panas, serta usia pemakaian baterai dan handphone menjadi lebih singkat.

Bahkan dalam beberapa kasus yang telah terjadi, terdapat beberapa kejadian meledaknya handphone ketika dipakai dalam keadaan diisi daya baterainya. Sehingga menggunakan HP saat sedang pengisian daya sangat berbahaya, terlebih lagi digunakan bermain game. Beri jeda pada handphone, biarkan HP mengisi daya secara maksimal sebelum digunakan kembali.

Terlepas dari segala aktivitas yang menggunakan handphone sebagai alat komunikasi saat ini, tentunya perlu diberi batas penggunaan. Karena itu handphone perlu dirawat dengan baik, apalagi pada baterai yang merupakan tenaga utama HP. Hal yang mampu menjadi penyebab batrai HP cepat habis, perlu dihindari sebaik mungkin. Untuk menjaga kualitas serta usia pemakaian pada handphone yang dipakai.