Inilah Penyebab Download Tertunda di Play Store yang Paling Umum Terjadi!

Salah satu masalah yang paling umum terjadi di Play Store ialah download tertunda. Meskipun tak sedikit orang yang sering menemui masalah ini, tetap saja masih jarang yang mengetahui penyebab download tertunda di play store ini. Bahkan, seringkali orang-orang terkecoh dengan permasalahan yang sangat sepele. Lalu, apa saja penyebab-penyebab dari masalah itu? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini:

1. Koneksi Internet yang Tidak Stabil

Penyebab yang paling umum dari masalah ini ialah koneksi internet yang tidak stabil. Cukup banyak orang yang tidak sadar bahwa koneksi yang buruk dapat membuat kegiatan mengunduh menjadi tertunda. Apabila itu terjadi, cukup aktifkan mode pesawat terbang kemudian mematikannya lagi.

Menggunakan cara itu, koneksi internet akan sedikit membaik dari sebelumnya. Akan tetapi, apabila masih buruk juga, cobalah untuk mencari tempat yang lebih kuat sinyalnya. Jika menggunakan jaringan wifi, pastikan koneksinya sedang tidak buruk.

2. Pengaturan Download yang Tidak Sesuai

Penyebab download tertunda di Play Store yang kedua ialah salah memilih pengaturan download. Pada play store sendiri terdapat tiga opsi yaitu download menggunakan jaringan apa saja, hanya melalui wifi, atau selalu bertanya ketika akan mengunduh.

Jika opsi yang dipilih ialah download hanya melalui wifi, tetapi tidak ada jaringan wifi yang tersambung, tentu saja download akan tertunda. Terkadang, ada juga aplikasi yang menyarankan penggunaan wifi untuk mengunduh. Lalu apa yang harus dilakukan?

Mudah saja, satu-satunya hal yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya adalah mengganti pengaturan download. Pertama-tama, buka setting di Play Store. Kemudian, pilih opsi “general”. Kemudian akan ada beberapa pengaturan, tetapi pilih “app download preference” untuk masalah ini. Terakhir, pilih opsi yang sesuai dengan keinginan.

3. Memori Internal Penuh

Perlu diketahui bahwa aplikasi-aplikasi yang didownload di Play Store akan tersimpan di memori internal. Jika penyimpanannya penuh, otomatis akan terjadi masalah seperti loading yang terus menerus atau peringatan download tertunda.

Jadi, sebelum mengunduh aplikasi, pastikan dulu tersedia cukup ruang di memori internal. Hapus file-file yang tidak penting atau aplikasi-aplikasi yang sudah jarang digunakan. Maka dengan begitu, download aplikasi akan kembali lancar seperti semula.

4. Ada Aplikasi Lain yang Sedang Didownload

Pada dasarnya, download aplikasi di Play Store menggunakan sistem mengantri sehingga download akan tertunda secara otomatis jika ada aplikasi lain yang sedang didownload. Oleh karena itu, pastikan tidak sedang mengunduh aplikasi lain atau tidak sedang ada memperbarui aplikasi.

Jika ingin aplikasi tersebut cepat didownload, batalkan dulu semua kegiatan download yang belum selesai. Hal ini dikarenakan download akan dilakukan satu per satu dan aplikasi yang sangat dibutuhkan itu akan mulai didownload setelah kegiatan yang sebelumnya selesai dikerjakan.

5. Pengaruh Data dan Cache Play Store

Setiap aplikasi yang berjalan di Android biasanya akan menyimpan data yang dapat berupa pengaturan, konfigurasi, atau sebagainya. Selain itu, ada juga data sampah atau biasa disebut Cache. Data ini sangat membantu aplikasi-aplikasi untuk menjalankan proses. Adanya cache, aplikasi tidak perlu mencari atau membuat data lagi karena semuanya sudah tersimpan.

Akan tetapi, data dan cache yang menumpuk dapat menyebabkan permasalahan seperti menunda download aplikasi. Nah, jika permasalahan ini terjadi, yang perlu dilakukan hanyalah membersihkannya. Bagaimana caranya?

Pertama-tama, buka setting di ponsel. Lalu, pilih menu “app management“. Cari pilihan Play Store di sana. Setelah itu, buka storage. Terakhir tinggal memilih untuk menghapus data, cache, atau keduanya. Dua-duanya aman dilakukan.

Namun, jika yang dihapus adalah data, maka file, pengaturan, akun, dan basis data di Play Store juga akan ikut terhapus secara permanen. Tidak perlu terlalu khawatir. Biasanya, saat membuka Play Store setelah menghapus datanya, yang perlu dilakukan hanya login kembali.

6. Perangkat Lemot

Terkadang perangkat akan menjadi lemot atau tidak dapat merespon dengan cepat karena terlalu banyak menjalankan aplikasi. Nah, untuk masalah yang satu ini, penyelesaiannya cukup mudah. Tinggal restart perangkat android tersebut dan perangkat akan lebih segar saat nyala kembali.

Itulah beberapa masalah sepele yang seringkali menjadi penyebab download tertunda di Play Store. Untuk mengetahui penyebabnya, sebaiknya cek satu per satu hal yang menjadi kemungkinan tertundanya download di Play Store sebagaimana dijelaskan di atas.