Apa Penyebab Laptop Tiba-tiba Mati Tenang, Ini Jawabannya!

Sebagai masyarakat yang hidup di era digital, tidak bisa dipungkiri jika setiap kebutuhan sering memerlukan laptop atau komputer. Akan tetapi, apa jadinya jika perangkat yang sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan tersebut tiba-tiba mati? Tenang, kenali terlebih dahulu beberapa penyebab laptop tiba tiba mati!

Bagi era yang serba digital ini, laptop memang memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Namun, selayaknya elektronik lainnya bahwa laptop pun juga bisa sakit atau mengalami kerusakan. Untuk itu, berikut ini beberapa penyebab dan solusinya yang harus diketahui pengguna:

1. Panas Berlebihan

Kasus pertama yang paling sering terjadi adalah masalah pada komponen laptop yang terlalu panas atau overheat. Terlebih sistem pada perangkat keras tersebut diciptakan untuk mati secara otomatis apabila terdapat masalah. Hal ini dinilai sebagai keamanan pertama sebelum kerusakan yang lebih parah terjadi seperti terbakar atau bahkan meledak.

Panas yang diakibatkan ini bisa berasal dari internal maupun eksternal perangkat. Oleh karena itu, untuk memastikannya segera cek kondisinya. Solusi untuk mengatasi panas berlebih ini umumnya menggunakan pasta pendingin pada prosesor. Akan tetapi, jika pemilik laptop bukan ahlinya dibidang service elektronik sangat tidak disarankan untuk memperbaiki sendiri.

2. Baterai Bermasalah

Baterai pada perangkat keras kerap kali menjadi ancaman yang paling sering mengalami kerusakan, begitu pula pada laptop. Hal ini dapat terjadi karena pengisian daya terlalu berlebihan. Pada beberapa kasus seperti laptop gamers bisa juga terjadi karena gim yang dipasang memiliki nilai voltase melebihi daya baterai.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna dapat mengecek kondisi kesehatan baterai dengan mengamati fungsi normalnya. Jika memang bermasalah, maka baterai wajib diganti dengan yang baru. Sebelum itu, pengguna juga harus memastikan jika ampere yang dibutuhkan sesuai dengan spesifikasi laptop.

3. Hardware Bermasalah

Sebenarnya, penyebab laptop tiba tiba mati karena kerusakan pada hardware ini hampir jarang terjadi. Terlebih pada model perangkat keras modern yang sering diupdate. Namun, bukan berarti tidak mungkin.

Salah satu faktanya ketika sebuah laptop ternyata tidak kompatibel dengan hardware tersebut terutama yang baru terinstall, maka sistem akan secara otomatis mati. Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna dapat membongkar dan memeriksa beberapa perangkat keras seperti motherboard, CPU, power supply dan lain-lainnya.

4. Sistem Operasi

Bagi seseorang yang suka mengotak-atik perangkat keras lantaran ingin memodifikasi atau untuk tujuan lain, kerusakan pada sistem operasi sangat memungkinkan menjadi penyebab laptop mati. Terlebih jika belum memahami sepenuhnya sehingga melakukan kesalahan pada BIOS maupun driver.

Untuk memastikan jika kesalahan laptop mati karena sistem operasi dapat dengan melihat file dump di notifikasi kerusakan. Biasanya hal ini akan terjadi pada laptop dengan tampilan AMD karena memang kerap mengalami crash.

5. Serangan Virus

Penyebab terakhir sebuah perangkat keras yang tiba-tiba mati bisa jadi karena adanya serangan virus. Hal ini dapat dipastikan jika saat dicek ternyata komponen-komponen laptop tidak bermasalah. Virus ini memang bisa membuat laptop mati mendadak. Biasanya terjadi karena pengguna mendownload program atau file tanpa mengeceknya terlebih dahulu.

Oleh karena itu, memiliki perangkat lunak anti-virus yang bagus sangat dianjurkan. Sebab, software tersebut dapat menjadi pertahanan utama ketika virus asing mulai menyerang laptop. Jika pengguna sudah memilikinya, maka tinggal bersihkan sesuai petunjuk yang tertera pada software.

Penjelasan di atas adalah beberapa penyebab laptop tiba tiba mati serta penanganan pertama bagi pengguna. Akan tetapi, jika tidak benar-benar mengerti tentang komponen elektronik, lebih baik membawa kepada ahlinya atau service center khusus laptop.