6 Penyebab Wifi Indihome Lemot dan Cara Mengatasinya!

Bagi para pengguna Indihome pasti sudah tidak asing lagi dengan masalah wifi lemot. Banyak pengguna yang sering mengeluhkan tentang penurunan kecepatan internet yang terjadi secara tiba-tiba. Lantas, apa saja penyebab wifi Indihome lemot tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini:

1. Sedang Ada Perbaikan

Pihak Indihome selalu rutin melakukan pengecekan dan pemeliharaan wifi untuk memastikan koneksi internet selalu dalam keadaan baik. Akan tetapi, proses ini seringkali memengaruhi kecepatan internet para pengguna. Kecepatan yang sebelumnya stabil dapat menurun secara tiba-tiba akibat adanya proses maintenance ini.

Selain itu, faktor lain seperti tumbangnya pohon saat turun hujan atau putusnya kabel juga ikut memengaruhi. Namun, tidak perlu ada yang dikhawatirkan dari hal ini. Setelah proses perbaikan selesai dilakukan, koneksi internet akan kembali stabil seperti sedia kala.

2. Telah Melampaui Batas Pemakaian

Penyebab wifi Indihome lemot yang cukup umum terjadi adalah pemakaian yang telah melampaui batas wajar atau FUP. Fair Usage Policy ialah suatu kebijakan yang dapat menyebabkan turunnya kecepatan internet secara tiba-tiba setelah penggunaan melewati batas wajar. Meskipun unlimited, Indihome tetap memiliki kebijakan seperti ini untuk membatasi penggunaan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya lakukan pemantauan pemakaian secara berkala. Namun, apabila FUP terus menerus terjadi, lebih baik segera upgrade paket wifi supaya batas pemakaiannya lebih besar.

3. Masalah Pada Modem Atau Router

Kecepatan internet juga dapat dipengaruhi oleh kondisi modem atau router. Apabila modem terlalu panas, kecepatan internet juga akan ikut menurun. Cara mengatasi hal ini adalah dengan merestartnya. Sebaiknya, sebelum merestart modem, matikan dahulu selama beberapa saat baru hidupkan kembali.

Setelah modem kembali hidup, jangan lupa untuk mengecek kecepatan internet di speedtest. Apabila kecepatannya membaik, berarti masalah selesai sampai di situ. Namun, jika tetap sama saja, berarti ada masalah lain pada wifi tersebut.

4. Gangguan Pada Jaringan Fiber Optic

Selama ini, fiber optic dikenal sebagai bahan yang lebih tahan terhadap gangguan jika dibandingkan dengan kabel biasa. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa gangguan juga akan terjadi pada bahan ini. Beberapa gangguan yang sering terjadi antara lain putusnya fiber optic, adanya sambungan yang terlepas, dan adanya jalur yang terlalu melengkung.

Masalah seperti ini sedikit sulit untuk diatasi sendiri. Jika dirasa ada yang salah dengan wifi tersebut, segera laporkan secara detail kepada layanan Indihome. Dengan begitu, akar masalahnya akan segera ditemukan dan dapat diatasi.

5. Penggunaan Material Tertentu Sebagai Sekat Ruangan

Hal aneh seperti perbedaan koneksi antar ruangan dalam satu bangunan yang sama juga kerap terjadi. Meskipun dalam satu bangunan yang sama, tidak jarang koneksi internetnya berbeda-beda. Hal semacam ini dipengaruhi oleh penggunaan bahan material seperti beton, batu bara, dan juga marmer sebagai sekat ruangan.

Bahan sejenis itu ternyata dapat menghambat kelancaran koneksi internet. Cara mengatasinya yaitu dengan cara meletakkan modem wifi di tempat yang strategis. Letakkan modem di tempat yang terbuka dan dapat dijangkau oleh semua orang.

6. Terlalu Banyak Jaringan yang Terkoneksi

Jika tidak ada angin, tidak ada hujan, dan semua perangkat dalam keadaan baik-baik saja tetapi koneksi internet menurun secara tiba-tiba, bisa jadi dikarenakan terlalu banyak orang yang menggunakannya. Semakin banyak perangkat yang terkoneksi, semakin lemot pula koneksi internet pada wifi. Apalagi jika para penggunanya sedang melakukan streaming atau menyelesaikan unduhan.

Untuk mencegah hal semacam ini terjadi, yang dapat dilakukan adalah mengganti password secara berkala. Pembatasan pengguna sangat penting untuk dilakukan supaya koneksi internet selalu berjalan dengan stabil.

Itulah beberapa penyebab wifi Indihome lemot dan cara mengatasinya. Setelah mengetahuinya, yang perlu dilakukan hanyalah mengingatnya supaya saat terjadi masalah seperti itu tidak kebingungan dan tahu cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.