Sekolah Sambil Kerja, Apa Aja Drama Di Baliknya?

Sekolah Sambil Kerja, Apa Aja Drama Di Baliknya?

Pernah nggak sih terbesit di pikiran kita, gimana rasanya pegang uang hasil kerja keras sendiri? Rasanya pasti enak ya, masih sekolah atau kuliah tapi udah bisa menghasilkan duit sendiri atau malah bisa bayar uang sekolah sendiri. Selain kepuasan yang didapet, pasti rasanya seneng juga kan bisa meringankan beban orang tua. Tapi, apakah sekolah atau kuliah sambil kerja itu enak?

 

Sebenarnya ada banyak manfaat yang didapet kalo kita bisa sekolah atau kuliah sambil kerja sambilan. Apalagi pekerjaan yang dilakukan ini sesuai banget sama passion atau hobi kita. Pasti rasanya senang hati banget deh menjalankannya. Selain itu manfaat lain yang bisa didapet adalah kita bisa memupuk jiwa kewirausahaan sejak dini. Kita juga bakalan belajar banyak keterampilan baru, termasuk keterampilan menghadapi masalah sekaligus cara menyelesaikannya berdasarkan pengalaman yang didapet di lapangan. Kita bakalan ketemu sama banyak orang baru yang pastinya bisa jadi networking yang bakal bermanfaat buat masa depan kita. Manfaat yang paling keliatan adalah, kita bakalan dapet upah! Yap, dengan dapet penghasilan sendiri, kita jadi bisa lebih mandiri dan jadi lebih “eman” kalo mau buang-buang duit, hehehe.

Di samping itu, tentunya ada resiko yang mungkin bisa terjadi. Meskipun resiko ini baru kemungkinan terjadi, tapi perlu juga nih jadi pertimbangan sebelum memutuskan buat sekolah atau kuliah sambil kerja. Karena kesibukan belajar dan bekerja, tentunya waktu buat bisa ketemu dan bersosialisasi sama temen bakalan berkurang. Waktu kita jadi banyak terpotong untung bisa melakukan “me time” karena kesibukan. Selain itu, bisa jadi jam belajar jadi banyak terpotong juga. Kemungkinan resiko buat kita jadi enjoy menikmati bekerja dan punya duit sendiri bisa bikin kita jadi males belajar, itu juga tinggi lho. Upah yang dihasilkan juga biasanya lebih kecil karena minimnya pengalaman yang kita punya. Hmm, banyak juga yak kemungkinan resiko yang didapet kalo mau kerja sambilan.

Kuncinya adalah kita harus mempertimbangkan dan memilih jenis pekerjaan sambilan yang mau dilamar. Yap, kita juga wajib pilih pekerjaan yang mau diambil itu apakah bisa berjalan bareng sama kegiatan belajar atau nggak. Kita juga mempertimbakan pembagian waktu, jangan sampe kerjaan kita jadi lebih mendominasi waktu buat kita sekolah dan juga waktu belajar. Pilih pekerjaan yang bisa dikerjakan di luar jam belajar dan jam istirahat, bisa juga pilih pekerjaan yang dikerjakan selama akhir pekan. Sekolah dan belajar tetap harus jadi yang utama, meskipun kita sedang mengambil kerja sambilan. Kita juga bisa menghemat waktu, dengan memilh pekerjaan yang lokasinya dekat dengan sekolah atau rumah tinggal kita. Jadi, uang transportasi dan waktu yang dikeluarkan bisa lebih diminimalisir.

Memilih pekerjaan yang sesuai sama passion atau hobi bisa bikin kita jadi enjoy dan terhindar dari tekanan stres. Misal kita suka masak, dan bisa membuat makanan atau snack yang bisa dititipkan ke kantin sekolah atau warung-warung sekitar. Kita juga bisa melamar pekerjaan menjadi asisten koki di resto atau juga di kedai kopi. Misal kita suka menulis, kita bisa mendaftar menjadi penulis atau kontributor di website berita. Kita bisa juga bisa menjadi translator atau bisa juga guru privat untuk adik kelas. Kalo kita suka membuat kerajinan tangan, kita bisa membuat barang-barang handmade yang unik dan kekinian kemudian dipasarkan di sosial media. Pertimbangkan hobi dan passion buat memilih jenis pekerjaan yang akan dilamar. Karena kalo kita enjoy menjalankannya, pasti akan terhindar dari stres karena kesibukan belajar dan bekerja.

Jadi, mau kerja sambilan dimana nih?

About the Author: cs_hansoncoid

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *