Sistem Pencernaan Manusia

Sistem Pencernaan Manusia

Mulut

a. Gigi

Terbentuk dari tulang gigi (dentin). Strukturnya terdiri dari mahkota gigi, leher, dan akar gigi. Ada tiga macam gigi pada manusia, yaitu:

  • gigi seri (memotong makanan)
  • gigi taring (mengoyak makanan)
  • gigi geraham (mengunyah makanan)

Pada anak-anak disebut gigi susu (20 buah). Pada orang dewasa ada 38 buah. Pencernaan makanan pada gigi disebut pencernaan mekanis.

b. Air liur/ludah (saliva)

Pada mulut  ada  3  kelenjar  saliva, yaitu parotis, sublingualis, dan submandibularis. Air liur mengandung enzim ptialin dan amilase yang  berfungsi  mengubah amilum menjadi glukosa. Pencernaan pada mulut yang dibantu air liur disebut pencernaan kimiawi.

Lidah

Berfungsi menempatkan makanan di antara gigi sehingga mudah dikunyah.

Faring dan Esofagus

Setelah dari mulut, makanan masuk dalam tekak (faring). Pada faring terdapat epiglotis (katup) yang berfungsi menutup ujung saluran pernapasan agar makanan tidak masuk ke saluran pernapasan.

Lambung

Getah lambung mengandunga asam hidroklor (HCl), enzim pepsin, renin, dan lipase.

Enzim Fungsi
HCl Mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin, mematikan bakteri yang merugikan
Pepsin Mengubah protein menjadi pepton
Renin Mengubah kaseinogen menjadi kasein
Lipase Mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol

 

Usus Halus

Ada 3 bagian, yaitu: usus 12 jari (duodenum), usus tengah (jejenum) dan usus penyerapan (ileum). Terdapat enzim disakarase, lipase, dan erepsin. Enzim  disakarase berfungsi  mengubah  disakarida  menjadi  glukosa, sedangkan erepsin memecah pepton menjadi asam amino.  Pankreas  menghasilkan  enzim  tripsin, amilase, dan lipase. Enzim tripsin berfungsi untuk memecah protein menjadi pepton.

Usus Besar

Bahan makanan yang telah diproses di usus halus masuk ke dalam usus besar. Bagian usus besar terdiri dari  usus buntu (appendix), bagian yang menaik (ascending colon), bagian mendatar (tranverse colon), bagian yang menurun (descending colon), dan anus. Usus besar berfungsi untuk mengatur kadar air pada sisa makanan. Sisa makanan yang tidak terpakai oleh tubuh akan dikeluarkan melalui anus.

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan

  • Parotitis (penyakit gondong), penyakit yang disebabkan virus menyerang kelenjar air ludah di bagian bawah telinga akibatnya kelenjar ludah menjadi bengkak.
  • Yerostomia, mulut kering karena rendahnya produksi air liur.
  • Tukak lambung, luka pada dinding lambung bagian dalam.
  • Apendiksitis/usus buntu.
  • Diare/feses encer.
  • Konstipasi/sembelit.

About the Author: cs_hansoncoid

You might like