Sudah Benarkah Cara Kita Memilih Sport Bra?

Saat memilih sport bra, banyak cewek yang nggak begitu memperhatikan apakah sport bra tersebut sesuai untuk kebutuhan atau tidak. Tau nggak kalo konsekuensi memakai sport bra yang nggak pas bisa lebih buruk dari memakai sneakers yang kekecilan? Serem banget kan! Masalah yang dapat muncul bisa mulai dari rasa nggak nyaman, pegal pada bagian pundak, hingga kesulitan bernafas.

 

Tanpa sokongan yang cukup, payudara akan mengalami kehilangan elastisitas dan menambah risiko munculnya selulit. Kegunaan utama dari penggunaan sport bra adalah mengurangi pergerakan berlebihan pada payudara saat berolahraga. Nah, agar terhindar dari masalah-masalah di atas, ada baiknya kita mulai memperhatikan tips dalam memilih sport bra yang tepat untuk kita.

 

PERHATIKAN KAPAN KITA BUTUH SPORT BRA BARU

Langkah awal adalah mulai periksa kondisi sport bra yang kita miliki. Jika sudah lebih dari 12 bulan dan kita termasuk seseorang yang rutin berolahraga, it’s time to replace it. Lebih spesifiknya, ada beberapa tanda yang menunjukkan kita harus mengganti bra olahraga kita, yakni:

  • Bra sudah terlihat mengalami perubahan bentuk,
  • Bra sudah tidak lagi memiliki support seperti sedia kala,
  • Bahan elastisnya sudah tidak kencang, dan
  • Kita telah mengalami perubahan berat badan secara signifikan.

 

TENTUKAN UKURAN YANG SESUAI

Pemilihan ukuran seringkali luput dari perhatian kita, sehingga saat menggunakan bra olahraga, kita nggak merasa nyaman. Agar terhindar dari hal ini, kita bisa mencoba mengukur ukuran cup yang sesuai untuk.

Setelah mendapat nomor ukuran, tambahkan dengan 4 inci jika kamu mendapatkan angka genap, sedangkan untuk angka ganjil tambahkan 5 inci. Jadi, apabila yang didapatkan angka ganjil, seperti 31 inci, maka kita harus menambahkan 5 inci, 31+5= 36. Dengan begitu, kita sudah mendapatkan ukuran lingkar yang pas.

 

MEMILIH SUPPORT LEVEL

Setelah mengetahui ukuran yang pas, kini saatnya memilih support level untuk bra yang akan kamu pilih. Kamu bisa menentukan berdasarkan jenis olahraga apa yang paling sering dilakukan. Sport bra biasanya terbagi berdasarkan impact level seperti ini:

  • Low Impact Bra: Yoga, mendaki, mendayung.
  • Medium Impact Bra: Ski, bersepeda, jalan.
  • High Impact Bra: Lari dan sepeda gunung.

Itu dia beberapa tips untuk memilih sport bra yang tepat untuk. Jangan sampai tujuan berolahraga menjadi gagal hanya karena kita salah memilih sport bra. Selamat mencoba!